nusabali

Pemkab Gencarkan Vaksinasi di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-pemkab-gencarkan-vaksinasi-di-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung menggencarkan vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Nusa Penida. Karena Nusa Penida sebagai daerah tujuan pariwisata favorit bagi wisatawan.

Langkah ini juga untuk mempercepat status Nusa Penida menjadi wilayah zona hijau. Kepala Dinas Kesehatan Klungkung dr Made Adi Swapadni menyampaikan untuk menjadikan Nusa Penida sebagai wilayah zona hijau, telah mengoptimalkan pelaksanaan vaksinasi bagi warga dan pelaku pariwisata. "Berdasarkan data dari Dinas Catatan Sipil, sasaran vaksinasi untuk warga Nusa Penida berjumlah 46.941 orang," ujar Kepala Dinas Kesehatan Klungkung, Minggu (9/5).

Jelas dia, pada tahap vaksinasi itu, Klungkung mendapatkan 25.000 dosis vaksin astrasenica dari pusat. 15.000 dosis vaksin digunakan untuk wilayah Nusa Penida. Hingga per Sabtu (8/5) warga Nusa Penida yang telah selesai menjalani vaksinasi (telah disuntik dua kali dosis vaksin) berjumlah 3.618 orang. Sedangkan warga yang baru menjalani dosis pertama vaksinasi berjumlah 9.648 yang terdiri dari  3.628 orang dengan vaksin astrazenica dan sebanyak 6.020 menggunakan vaksin sinovac. "Kami berharap seluruh vaksin untuk Nusa Penida bisa selesai sesuai target jangka waktu yakni 19 hari," kata Swapatni.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan Nusa penida yang merupakan daerah pariwisata dan menjadi titik ungkit pembangunan di Kabupaten Klungkung diharapkan bisa segera menjadi zona hijau dimana semua warga yang wajib vaksin bisa segera tuntas divaksin. "Jika kegiatan vaksinasi tahap ini bisa diselesaikan sesuai target maka pihaknya maka akan mengajukan lagi ke provinsi untuk mendapatkan vaksin, sehingga pada bulan Juni vaksinasi di Nusa Penida kepada wajib vaksin bisa dituntaskan," ujar Bupati Suwirta.

Kepada masyarakat baik yang sudah divaksin  maupun belum, Bupati Suwirta juga meminta supaya jangan lengah. Pihaknya meminta untuk selalu menggunakan masker apapun kegiatan yang dilakukan. Karena, menurutnya, ketaatan masyarakat Nusa Penida tengah dipantau oleh orang luar dan wisatawan. "Saya minta dengan sangat hormat tetap jalankan protokol kesehatan gunakan masker apa pun kegiatannya," kata Bupati Suwirta.

Ada atau tidak wisatawan tetap gunakan masker, tegas Bupati, karena ketaatan dipantau oleh orang lain dan wisatawan. ‘’Jangan hanya menuntut tamu datang berkunjung, namun menggunakan masker saja susah,’’ tegasnya. *wan

Komentar