nusabali

KESEHATAN : Puffy Eyes/Mata Panda

  • www.nusabali.com-kesehatan-puffy-eyesmata-panda

Puffy Eyes atau biasa dikenal dengan mata panda adalah munculnya pembengkakan yang terjadi pada jaringan di sekitar mata.

Hal ini terjadi karena penumpukan cairan di sekitar mata (edema periorbital). Gambaran klinis dari puffy eyes yang biasa terjadi adalah pembengkakan di sekitar bawah mata, walaupun kadang juga terjadi pada sekitar mata, yang biasa dalam ilmu kecantikan disebut sebagai kantung mata gelap. Ada beberapa faktor penyebab yang mempengaruhi di antaranya karena faktor usia, di mana seiring bertambahnya usia seseorang maka akan terjadi peningkatan bantalan lemak di bawah kelopak mata secara bertahap (Sub-Orbicularis Oculi Fat – SOOF). Pembengkakan mata atau puffy eyes yang disebabkan karena kelelahan atau kurangnya istirahat, terkadang dianggap normal oleh beberapa orang, padahal kondisi tersebut dapat mengakibatkan puffy eyes lebih menonjol.

Puffy eyes sering terjadi sesaat bangun tidur, yang disebabkan karena posisi tidur telentang yang mengakibatkan cairan mata dalam posisi horisontal. Faktor lain yang mempengaruhi adalah kurang tidur atau siklus tidur yang kurang teratur, program diet yang tidak sehat, program kehamilan, siklus menstruasi, perokok, dan konsumsi minuman beralkohol. Semua kondisi tersebut menyebabkan tubuh kelelahan, stres, dan memicu perubahan hormonal yang pada akhirnya dapat menyebabkan retensi cairan dan pembengkakan di sekitar mata.

Mata panda atau puffy eyes ini sangat dikhawatirkan oleh beberapa orang terutama kaum hawa yang menjadi dampak kosmetik terhadap penampilannya. Puffy eyes disebut mengurangi kepercayaan diri seseorang yang membuat penampilannya kurang sempurna. Kondisi ini menyebabkan seseorang yang memiliki mata panda akan memilih untuk menggunakan zat-zat kimia yang berlebihan untuk menutupi kekurangannya atau menggunakan berbagai macam jenis kosmetik, padahan pengaplikasian ini sebenarnya dapat memberikan efek samping lebih buruk terhadap kelopak mata, karena kebanyakan dari kosmetik dapat menyebabkan kulit kurang terhidrasi dan terjadinya penyumbatan pori-pori.

Untuk memperbaiki mata panda dibutuhkan zat-zat yang dapat menghidrasi kelenjar kantung mata agar dapat membuka pori-pori, sekaligus mengendalikan pori-pori tetap normal, membersihkan kotoran, dan yang paling penting adalah menyeimbangkan kadar air di wajah terutama kantung mata. Perlu perawatan khusus dan nutrisi khusus yang dapat diaplikasikan pada kantung mata. Pada prinsipnya krim wajah yang didapatkan dari klinik perawatan kecantikan itu bukan sebagai solusi dari menyamarkan atau bahkan menghilangkan puffy eyes, karena idealnya krim wajah hanya boleh diaplikasikan di area wajah, bukan di kelopak mata.

Berbagai macam cara untuk mereduksi puffy eyes yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur pola diet dan gaya hidup. Mengkompres area mata dengan sesuatu yang dingin hanya bersifat sementara dalam menghilangkan puffy eyes, karena hanya bekerja pada sebagian pembuluh darah sekitar mata yang dapat mencegah terjadinya retensi cairan dan mengurangi bengkak sementara. Untuk solusi pencegahan dan penyembuhan dapat dilakukan dengan anjuran diet rendah karbohidrat. Mengunakan eye-serum yang mengandung Aloe Vera, Vitamin A, B, dan E, terbukti bisa menghidrasi kantung mata dengan cara kerja melembabkan dan mempertahankan kondisi kulit kelopak mata tetap normal. Untuk mendapakan solusi yang maksimal mengenai puffy eyes, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter Larissa Aesthetic Center Jl Teuku Umar Kompleks Pertokoan Graha Mahkota B 18-20 Denpasar, telepon 0361-234025.

Oleh: dr Ida

Komentar