nusabali

Pesilat Pelatnas ‘Serbu’ Bali

  • www.nusabali.com-pesilat-pelatnas-serbu-bali

JAKARTA, NusaBali
Setelah ujicoba dengan pesilat DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Jogjakarta dan Jawa Timur, para pesilat Pelatnas SEA Games 2021 akan menyerbu dan menjajal pesilat PON Bali, pada 28-31 Mei.

"Ada 30 pesilat Pelatnas, kami bawa untuk ujicoba dengan pesilat PON Bali, mulai 28 hingga 31 Mei. Kini, para pesilat masih latihan intensif untuk menyiapkan diri ujicoba sehingga latihan tidak ada perubahan," ujar Indro Catur, Minggu (9/5).

Ujicoba lawan pesilat Bali nanti, seperti simulasi pertandingan. Namun, Indro Catur tidak menargetkan para pesilat Pelatnas menang dari pesilat Bali. Pasalnya, tujuan utama ujicoba mengasah kemampuan selama berlatih di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

"Selain itu, mencoba tehnik yang selama ini dilatih sebagai bahan evaluasi kami bagus atau tidak. Bila berhasil, kami inventaris untuk dimatangkan," jelas Indro Catur.

Di Pelatnas sendiri ada dua pesilat asal Bali, yakni Kadek Adi Budiasta di kelas laga H dan I Kadek Andre Nova Prayada di kelas D. Ketika ujicoba dengan pesilat PON Bali, kata Indro Catur, tidak ada instruksi khusus bagi pesilat Bali itu menghadapi para seniornya. Begitupula dengan pesilat lainnya.

"Kami hanya menekankan bermain natural. Sebab, setiap nomor memiliki strategi berbeda dari pelatih. Semua juga tergantung pada posisi main para pesilat, apakah pointnya sedang unggul atau tidak dari lawan," kata Indro Catur.

Bila point pesilat Pelatnas lebih unggul dari lawan, salah satu strateginya memberi kesempatan kepada lawan agar berani keluar untuk menyerang. Sedangkan pesilat Pelatnas, mencoba bertahan sehingga tidak mengejar point terus menerus demi melatih strategi mereka.

Untuk itu, kata Indro Catur, pesilat Pelatnas mempersiapkan diri dengan baik agar saat ujicoba kelak berhasil menerapkan apa yang telah mereka pelajari. Selama menjalani latihan, lanjut Indro Catur, semua pesilat Pelatnas terlihat bagus.  "Termasuk dua pesilat Bali. Mereka punya potensi," kata Indro Catur. *k22

Komentar