nusabali

Hiu Paus Terdampar di Pantai Tegal Besar Mati

  • www.nusabali.com-hiu-paus-terdampar-di-pantai-tegal-besar-mati

SEMARAPURA, NusaBali
Seekor Hiu Paus (Rhincodon typus) sepanjang 3 meter yang terdampar di pesisir Pantai Tegal Besar, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Jumat (7/5), akhirnya mati pada Sabtu (8/5) pagi sekitar pukul 08.45 Wita.

Padahal Hiu Paus itu sempat diselamatkan warga dengan mendorong kembali ke tengah laut saat kali pertama terdampar pada Jumat sore.

Informasi yang dihimpun, Hiu Paus tersebut ditemukan mati pada Sabtu pagi sekitar pukul 08.45 Wita. Namun Hiu Paus itu setelah dikembalikan ke tengah laut, diperkirakan terdampar lagi pada Jumat malam, karena saat dievakuasi pada Sabtu pagi kemarin, ekor dan siripnya sudah hilang.

“Saat ditemukan Sabtu pagi, siripnya sudah tidak ada,” ujar anggota Balawista Pantai Tegal Besar I Nyoman Suraka.

Penemuan Hiu Paus itu dilaporkan kepada Bhabinkamtibmas Desa Tegal Besar I Wayan Sudarma, selanjutnya disampaikan ke Polres Klungkung. Atas kejadian tersebut Kapolres Klungkung AKBP Bima Aria Viyasa —setelah bersinergi dengan Balai Pengelola Sumber Daya Pesisir dan Laut—  menjelaskan bahwa kembali ditemukannya ikan tersebut dalam kondisi mati dan ekor sudah tidak ada, sirip juga sudah tidak ada.

Akhirnya, Tim TNI/Polri memutuskan untuk mengubur Hiu itu di pesisir Pantai Tegal Besar, sekitar 15 meter dari bibir pantai. Sebelum dikubur juga dihaturkan canang sari.

“Hiu Paus ini dikubur agar tidak menimbulkan bau busuk dan menjadi sumber penyakit dan mencemari lingkungan pesisir,” ujar AKBP Bima.

Terhadap kejadian fenomena alam terdamparnya Hiu yang acapkali terjadi di beberapa wilayah di pesisir pantai di Bali, AKBP Bima mengimbau kepada masyarakat pesisir jika mengetahui kejadian serupa cepat melaporkan. “Supaya secepatnya bisa dievakuasi dan diselamatkan,” tutur AKBP Bima.

Sebelumnya, seekor Hiu Paus sepanjang sekitar 3 meter terdampar di Pantai Tegal Besar, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Jumat (7/5) sore. Awalnya warga mengira yang terdampar adalah jenis Hiu Tutul, namun setelah dicek oleh petugas ternyata Hiu Paus. Saat terdampar Hiu ini masih hidup. Warga sekitar mengevakuasi agar ikan tersebut bisa kembali ke tengah laut.

Menurut anggota Balawista di Pantai Tegal Besar I Nyoman Suraka, Hiu Tutul itu ditemukan warga sekitar pukul 18.00 Wita. Karena masih hidup, langsung ditolong oleh warga dengan mendorong ke laut. Diperkirakan Hiu tersebut terdampar akibat mencari makanan hingga di pesisir. *wan

Komentar