nusabali

Gubernur Koster Sidak Vaksinasi di Bangli

Pastikan Vaksinasi Covid-19 Berjalan Baik Meskipun di Hari Libur

  • www.nusabali.com-gubernur-koster-sidak-vaksinasi-di-bangli

Gubernur Koster tegaskan pencapaian target vaksinasi sangat penting demi membangun kepercayaan masyarakat dalam pemulihan perekonomian dan pariwisata Bali.

BANGLI, NusaBali
Gubernur Bali, Wayan Koster memanfaatkan waktu senggang untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Bali terus berjalan. Di sela-sela hari liburnya pada Saniscara Wage Medangsia, Sabtu (8/5),
Gubernur Koster melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) pelaksanaan Gerakan Serentak (Gertak) Vaksinasi Covid-19 yang sedang berlangsung di Kabupaten Bangli.

Didampingi Bupati dan Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dan I Wayan Diar, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra, Kadiskes Bali dr Ketut Suarjaya, dan Kepala BPBD Bali Made Rentin, orang nomor satu di Pemprov Bali ini menyasar 2 (dua) lokasi di Kabupaten Bangli. Pertama kali Gubernur Koster datangi vaksinasi di Desa Penglipuran, Kecamatan/Kabupaten Bangli dan Kelurahan Kubu, Kecamatan/Kabupaten Bangli.

Dalam sidak tersebut, dilaporkan sebanyak 200 orang yang teregistrasi untuk menjalani vaksinasi di Desa Penglipuran. Hasilnya vaksin tahap pertama diikuti sejumlah 180 orang dan lagi 20 orang tidak bisa mengikuti vaksin akibat memiliki penyakit penyerta (komorbid).

Sementara di Kelurahan Kubu terdapat 2 Pos yang telah disiapkan pemerintah untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi, di mana pada Pos 1 warga yang teregistrasi sebanyak 165 orang, kemudian yang berhasil mengikuti vaksinasi 150 orang dan lagi 15 orang tidak bisa mengikuti vaksinasi akibat memiliki penyakit penyerta. Sedangkan di Pos 2, warga yang teregistrasi mengikuti vaksinasi sebanyak 170 orang, kemudian yang berhasil divaksinasi sejumlah 157 orang, sementara lagi 13 orang tidak bisa mengikuti vaksin, karena memiliki penyakit penyerta.

Gubernur Koster mengatakan dirinya hadir di tengah-tengah acara vaksinasi untuk memberikan motivasi kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam menanggulangi Pandemi Covid-19. "Saya meninjau kegiatan vaksinasi massal ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung pelaksanaannya, sekaligus memberikan semangat kepada tenaga kesehatan yang terus berjuang melayani masyarakat agar terhindar dari penularan Covid-19," ujar Ketua DPD PDIP Provinsi Bali ini.

Gubernur Koster menjelaskan pada tanggal 6 Mei 2021, Kabupaten Bangli mendapat alokasi 25.000 dosis vaksin AstraZeneca yang harus dihabiskan paling lambat tanggal 20 Mei 2021. "Vaksinasi di Bangli ditarget bisa tuntas sebanyak 25.000 dosis pada 20 Mei 2021 mendatang," ujar politisi asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng ini.

Lebih lanjut mantan Anggota DPR RI 3 periode dari Fraksi PDIP Dapil Bali ini menyampaikan sampai saat ini kegiatan vaksinasi di Pulau Bali masih berlangsung dengan menyasar kelompok masyarakat yang meliputi Lansia, pelayan publik (petugas keamanan, pegawai pemerintah, petugas transportasi, pelaku pariwisata, pasar swalayan, pedagang pasar, tenaga pendidik, pegawai bandara, pegawai pelabuhan, pegawai perbankan, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, atlet, dan wartawan) hingga masyarakat perkotaan.

"Pencapaian target vaksinasi sangat tergantung dengan jumlah vaksin yang dialokasikan Pemerintah Pusat untuk Bali, mengingat ketersediaannya yang terbatas. Untuk itu, saya berupaya keras agar Bali mendapat alokasi yang mencukupi untuk mempercepat pembentukan kekebalan komunitas, guna mencegah penularan Covid-19," ujar Gubernur Koster.  

Pencapaian ini kata Gubernur Koster sangat penting untuk membangun kepercayaan masyarakat dalam rangka pemulihan perekonomian dan pariwisata di Bali. "Dengan vaksinasi yang tuntas akan memulihkan kepercayaan dunia internasional untuk pariwisata Bali," pungkas Gubernur Koster.

Selain mengecek pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat di kawasan objek wisata, Gubernur Wayan Koster juga meninjau kegiatan pameran dan kontes bonsai di Lapangan Kapten Mudita Bangli. Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan kehadiran Gubernur Koster ke Kabupaten Bangli untuk memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan mengapresiasi pola vaksinasi yang diterapkan.

Dalam Gerakan Serentak (Gertak) Vaksinasi Covid-19 ini tidak hanya melibatkan Dinas Kesehatan saja, namun didukung Organisasi Perangkat Daerah (OPD). "Metode yang diterapkan sinergitas Dinas Kesehatan dan semua OPD di Bangli dalam mesukseskan kegiatan Gertak Vaksinasi Bangli green zone ini," jelasnya. Kemudian dalam pelaksanaan vaksinasi Bangli disupport vaksin sebanyak 25.000 dosis vaksin oleh Pemprov Bali. Dari ketersediaan vaksin tersebut ditarget 19 Mei nanti vaksinasi serentak di Bangli tuntas digelar.

Sementara untuk pelaksanan pameran dan kontes bonsai, bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut ini menyebutkan Gubernur Koster ingin melaksanakan pameran bonsai untuk tingkat nasional. "Disampaikan kegiatan ini sebagai bentuk kecintaan terhadap tumbuhan dan pohon. Ini bagian dari Wana Kertih. Bapak Gubernur memberikan apresiasi atas kegiatan ini karena terjadinya perputaran ekonomi rakyat," sebut politisi PDIP ini. Dia mengatakan kegiatan yang dilaksanakan tetap mematuhi protokol kesehatan. "Kesehatan tetap hal prioritas, namun ekonomi juga harus berjalan," imbuhnya. *nat, esa

Komentar