nusabali

Bupati Suwirta Beber Keunggulan Nusa Penida

Jadi Pembicara di Politeknik Pariwisata Bali

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-beber-keunggulan-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, percepatan pembangunan di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, merupakan implementasi dari posisi strategis pulai ini.

Strategis baik dalam konstelasi geopolitik, ekologi, ekonomi regional, dan nasional. ‘’Kepulauan Nusa Penida memiliki keunggulan potensi. Ini  sebagai modal dasar akselerasi pembangunan untuk memperkuat daya saing daerah,’’ ujarnya saat didaulat menjadi narasumber pada Travel Expo Aplikasi Manajemen MBP 2021, Diploma IV Manajemen Bisnis Perjalanan, Politeknik Pariwisata Bali. Acara tersebut berlangsung di Gedung Wdyatula MICE Politeknik Pariwisata Bali, Nusa Dua, Badung, Jumat (7/5).

Kegiatan itu mengusunng tema Protocol (Professional Online Travel Expo and Collaboration). Keunggulan komparatif yang dimiliki Nusa Penida, jelas Bupati, sebagai basis pembangunan ekonomi sumberdaya maritim, kelautan dan perikanan, pariwisata, pertanian lahan kering, peternakan dan industri kreatif. Semua ini perlu dikelola secara optimal untuk keunggulan secara kompetitif dalam peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. "Siapa pun pemimpinnya nanti,  harus melanjutkan pembangunan ini. Jangan bilang ‘sudah ke Bali’,  kalau belum ke Nusa Penida," ujar Bupati asal Nusa Ceningan, Kecamatan Nusa Penida ini.

Bupati Suwirta menyebut pariwisata Nusa Penida menyandang status terbaik pertama dunia untuk destinasi backpacker. Pantai Kelingking sebagai pantai paling cantik dengan penghargaan Asia Dive Travel Award 2020. Dalam Wonderfull Indonesia Award 2018 masuk peringkat kedua dengan Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2016 dalam kategori berselancar dan tempat menyelam terpopuler. Penghargaan Destinasi populer di dunia tahun 2020.

Untuk meningkatkan tata kelola ekonomi daerah, jelas Suwirta, dengan membenahi sistem tata kelola ekonomi daerah guna memperkuat instrumen manajemen pembangunan ekonomi. Meningkatkan akses dan kualitas infrastruktur dengan prioritas memperkuat keterhubungan

antar lokasi. Membangun kawasan perdesaan guna membangkitkan usaha-usaha ekonomi produktif khususnya koperasi dan UMKM berbasis pendayagunaan keunggulan sumber daya lokal. *wan

Komentar