nusabali

Bupati Suwirta Keliling Kota Naik Motor Listrik

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-keliling-kota-naik-motor-listrik

Setelah Klungkung, Test Ride Motor  Listrik Digelar Bergilir di Seluruh Bali

SEMARAPURA, NusaBali

Kegiatan test ride sepeda motor listrik pertama untuk Bali telah digelar di Kabupaten Klungkung, Jumat (8/5) pagi. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta pun ikut naik motor listrik keliling kota dalam kegiatan yang digelar PT Sentrik Persada Nusantara, selaku distributor kendaraan listrik di Bali ini. Bagi Bupati Suwirta, ini buat pertama kalinya mengendarai sepeda motor sejak 8 tahun terakhir.

Test ride sepeda motor listrik pertama di Klungkung, Jumat kemarin, dilaksanakan keliling Kota Semarapura, sejak pagi pukul 08.00 Wita. Start dilakukan di depan Monumen Puputan Klungkung, lalu bergerak menuju ke arah timur untuk mengelilingi Catus Pata Klungkung satu kali.

Dari Catus Pata Klungkung di sebelah Taman Kertha Gosa Semarapura, konvoi motor listrik ini langsung melaju ke arah barat menuju Jalan Untung Surapati Semarapura, kemudian melalui rute Jalan Ngurah Rai Semarapura-Jalan Gajah Mada Semarapura hingga finish di depan Monumen Puputan Klungkung. Rute yang ditempuh sepanjang 1 kilometer.

Selain Bupati Suwirta, 5 kepala OPD lingkup Pemkab Klungkung juga ikut test ride motor listrik kemarin pagi. Mereka masing-masing Kepala Dinas Pekerjaan Umum-Penataan Ruang-Perumahan-Kawasan Permukiman Klungkung I Made Jati Laksana, Kepala Dinas Kebudayaan-Kepemudaan-Olahraga (Budpora) Klungkung Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana, Kepala Dinas Pertanian Klungking IB Juanida, Kepala Dinas Perhubungan Klungkung I Nyoman Sucitra, dan Kepala Pelaksana BPBD Klungkung I Putu Widiada.

Kegiatan test ride sepeda motor listrik ini merupakan untuk pertama kalinya di Bali. Setelah di Klungkung, PT Sentrik Persada Nusantara selanjutnya akan menggelar test ride sepeda motor listrik di 8 kabupaten/Kota lainnya seluruh Bali. Dalam melaksanakan test rode ini, selalu berkoordinasi dengan kepala daerah masing-masing.

Sementara, Bupati Suwirta mengikuti seluruh rute dalam test ride sepeda motor listrik di Klungkung kemarin. Bupati Suwirta mengakui ini untuk kali pertama naik kendaraan roda dua dalam kurun 8 tahun terakhir. “Sejak menjabat Bupati Klungkung 8 tahun silam, saya tak pernah naik motor,” ujar Bupati Suwirta saat melepas test ride kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di depan Monumen Puputan Klungkung, Jumat pagi.

Bupati Suwirta sendiri menyambut baik penggunaan kendaraan listrik ini. Kegiatan ini diharapkan tidak sekadar melaksanakan Peraturan Presiden maupun Peraturan Gubernur (Pergub) Bali, tetapi yang paling penting meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan.

"Kesadaran untuk menjaga lingkungan itu sangat penting, karena saat ini bumi kita sudah mengalami polusi yang luar biasa akibat penggunaan bahan bakar minyak yang menimbulkan asap," tandas Bupati Klkungkung dua kali periode asal Banjar Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini.

Menurut Suwirta, salah satu tujuan kebijakan penggunaan kendaraan listrik ini adalah menghindari pencemaran lingkungan, selain juga untuk efisiensi. "Mari kita semua lambat laun mengubah pola pikir kita bahwa bumi harus diselamatkan dan efisiensi mesti dilakukan, sehingga kendaraan bermotor listrik ini menjadi pilihan kita semua," harap Suwirta.

Suwirta juga mengaku merasa nyaman setelah keliling Kota Semarapura mengendarai motor listrik tersebut. "Saya naik sepeda motor listrik ini karena tertantang. Ternyata, setelah saya mencobanya, terasa nyaman, tidak ada getaran, dan ringan. Tentunya ini sangat luar biasa," tandas Bupati Klungkung pertama asal kawasan seberang Nusa Penida ini.

Sementara itu, General Manager (GM) PT Sentrik Persada Nusantara, I Gede Pasek Wijaya, mengatakan pihaknya merupakan distributor kendaraan listrik di Bali, dengan showroom pusat berada di Jalan Gatot Subroto Barat Nomor 500 Denpasar. Menurut Pasek Wijaya, perusahaan ini hadir dalam rangka mendukung program pemerintah sesuai dengan Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan prog-ram kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle) untuk transportasi jalan, serta Pergub Bali Nomor 48 Tahun 2019 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Wujud komitmen untuk mendukung program pemerintah ini, kata Pasek Wijaya, antara lain bekerja sama dengan beberapa pabrik untuk menghadirkan berbagai varian kendaraan listrik. Selain itu, juga menyediakan produk jenis motor listrik yang sudah lulus tipe, sehingga memenuhi standar teknis dan layak jalan dan menjamin pelayanan purna jual dengan menyediakan sparepart dan layanan home service. *wan

Komentar