nusabali

Rugby Bali Garap 4 Daerah

  • www.nusabali.com-rugby-bali-garap-4-daerah

Kepengurusan rugby di empat daerah itu baru terbentuk. Namun kami harus berinovasi. Pembinaan dan pengembang di semua daerah harus merata. Apalagi kepengurusan rugby di seluruh Bali sudah lengkap.

GIANYAR, NusaBali

Ketua Umum Pengprov Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Bali Made Erawan fokus menggarap dan mengembangkan cabor rugby di empat daerah di Bali, yakni Kota Denpasar, Karangasem, Jembrana, dan Klungkung. Sebab kepengurusan rugby di empat daerah itu baru terbentuk hingga melengkapi kepengurus PRUI di wilayah Bali.

"Kita harus berinovasi. Pembinaan dan pengembangan rugby di semua deerah harus merata. Apalagi sekarang kepengurusan rugby di seluruh Bali sudah lengkap," kata Made Erawan, Jumat (7/5).

Menurut Erawan, kelima daerah yang lebih dulu memiliki kepengurusan rugby, yakni Tabanan, Gianyar, Buleleng, Badung dan Bangli. Bahkan  kelimanya eksis dalam pengembangan rugby dan menurunkan tim pada Porprov Bali XIV/2019 di Tabanan maupun berbagai kejuaraan di Bali.

"Setelah empat daerah terbentuk kepengurusan cabor rugby, ke depan mereka dituntut berprestasi. Saya berharap keempat daerah itu aktif mengikuti perkembangan," kata Sekum KONI Gianyar itu.

“Artinya, kita nanti bergerak jangan pemasalan saja. Namun prestasi juga diperhatikan dengan baik,”kata Erawan lagi.

Dia pun berharapan, seluruh kepengurusan bergerak bersama menyumbang satu atlet untuk tim Bali. Hingga nantinya mewakili Bali dan menjadi yang terbaik di Indonesia. Lalu pada akhirnya menjadi atlet andalan Indonesia.

"Secara perlahan kita sejajarkan dulu pengembangan cabor di empat daerah itu. Lambat laun kita harap sumbangsih atletnya. Jangan terlalu banyak, tapi kualitasnya cukup bagus. Ini juga sekalian pemerataan pengembangan prestasi di semua daerah," kata Erawan.

Menurut Erawan, selama ini Tabanan masih mendominasi dari segi atlet maupun pelatih. Tabanan, katanya, memang saingan ketat rugby Gianyar.

"Yang jelas kita akan suport sosialisasi cabor rugby dulu di empat daerah tadi, dengan menyasar sekolah dan masyarakat umum. Terutama pemula, dan junior. Lambat laut nanti ke senior juga," jelas Erawan.

Lebih jauh Erawan mengungkakan, saat ini pihaknya mempersiapkan para atlet untuk ajang PON 2021 di Papua, 2-15 Oktober. Menurut Erawan, tim PON rugby Bali ditarget medali di Papua. Dia pun memin masing-masing kabupaten/ kota berkontribusi pemikiran  menuju pencapaian prestasi di Papua. *dek

Komentar