nusabali

Badung Upayakan Subak Balangan Teraliri Air

  • www.nusabali.com-badung-upayakan-subak-balangan-teraliri-air

MANGUPURA, NusaBali
Pasca penyampaian aspirasi Subak Balangan di Desa Kuwum, Kecamatan Mengwi, yang alami kesulitan mendapatkan air hingga puluhan tahun, Wakil Bupati I Ketut Suiasa didampingi Kadis PUPR Badung IB Surya Suamba, bersama Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana, turun langsung meninjau saluran irigasi di subak tersebut, Jumat (7/5).

Pemkab Badung berjanji akan memperjuangkan harapan masyarakat agar Subak Balangan teraliri air. Dalam peninjauan tersebut, Wabup Suiasa mengungkapkan, kajian akan segera dibikin oleh Dinas PUPR, sehingga Subak Balangan yang sudah hampir dua puluh tahun tidak mendapatkan air, bisa kembali kebagian air dan bisa mengairi sawahnya. “Masyarakat petani sangat berharap serta dan kami akan berupaya mewujudkan itu,” kata Wabup Suiasa.

Jika pengairan terwujud, Wabup Suiasa berharap nantinya masyarakat petani di Subak Balangan, bisa bercocok tanam dan produktivitasnya berjalan dengan baik. Dalam peninjauan tersebut, selain berkaitan dengan pengairan juga untuk melihat potensi-potensi yang ada di Subak Balangan, untuk dikembangkan ke depan. “Bukan hanya memikirkan zona air dari hulu ke hilir, tapi juga kajian dari sisi pangan yang layak ditanam di kawasan ini. Kami buat konsep pola tanamnya, setelah itu dibuatkan konsep bisnisnya,” beber Wabup Suiasa.

Sementara itu, Pekaseh Subak Balangan I Ketut Matrayasa, menuturkan saluran irigasi di Subak Balangan, sudah dua puluh tahun tidak kebagian air. Akibatnya, para petani tidak bisa bercocok tanam. “Kami berharap kepada pemerintah agar dapat membantu dan memberikan solusi, sehingga saluran irigasi yang ada di subak kami bisa teraliri air dan kami bisa bercocok tanam,” katanya. *ind

Komentar