nusabali

Disperindag Ganti Dua Kepala Pasar

  • www.nusabali.com-disperindag-ganti-dua-kepala-pasar

Menurut Wayan Sutrisna, pergantian dua kepala pasar tak ada hubungan dengan Pilkada Karangasem 2020.

AMLAPURA, NusaBali

Kadis Perindustrian dan Perdagangan Karangasem, I Wayan Sutrisna, mendadak mengganti Kepala Pasar Amlapura Timur dan Kepala Pasar Amlapura Barat. Sebanyak 19 petugas pasar lainnya juga dilengserkan per 1 Mei 2021. Alasannya, dua kepala pasar dan 19 petugas pasar tersebut kurang inovasi. Banyak kios dibiarkan kosong tidak berfungsi. Pergantian ini berdasarkan evaluasi kinerja yang telah dilakukan sejak Maret lalu.  

Kadisperindag Wayan Sutrisna mengatakan, Kepala Pasar Amlapura Timur I Made Lokantara digantikan Ida Bagus Gede Ananta Pratama dan Kepala Pasar Amlapura Barat Ida Bagus Gede Ardana digantikan oleh I Wayan Wardana. Sebanyak 11 petugas Pasar Amlapura Timur dan 8 petugas Pasar Amlapura Barat juga diganti. Kedua pasar itu berhadap-hadapan, hanya dibatasi Terminal Amlapura di Jalan Kesatrian. “Terjadi pergantian 21 petugas pasar di Pasar Amlapura Timur dan Pasar Amlapura Barat,” jelas Wayan Sutrisna, Jumat (7/5).

Wayan Sutrisna mengatakan, sejak Maret 2021 telah melakukan evaluasi dan kajian kinerja petugas di kedua pasar tersebut. Mulai dari kebersihan pasar, pemasukan, penataan, dan inovasi lainnya. Salah satunya ada beberapa kios tidak buka, hal itu tidak ditindaklanjuti kepala pasar. Padahal kios dibangun untuk kepentingan masyarakat, namun beberapa tidak diberdayakan. “Kami sebelumnya sudah panggil kedua kepala pasar itu, kami berikan masukan, kenyataannya belum ada perubahan, makanya dilakukan penyegaran jabatan kepala pasar,” jelasnya.

Wayan Sutrisna menegaskan pergantian kedua kepala pasar tak ada hubungan dengan politik Pilkada Karangasem 2020. “Ini murni penyegaran,” tegasnya. Pasar Amlapura Timur dengan 497 pedagang terbagi di dua lantai. Lantai I untuk pedagang sayur, buah, dan daging. Lantai II untuk pakaian dan perhiasan emas. Sedangkan Pasar Amlapura Barat juga dua lantai. Lantai I untuk pedagang sayur, buah, dan daging sebanyak 330 pedagang. Lantai II untuk pedagang pakaian dan 62 kios. Pasar Amlapura Barat dibangun ulang tahun 2020 dengan anggaran Rp 14,05 miliar. *k16

Komentar