nusabali

Truk Tertimpa Pohon, Sopir dan Kernet Selamat

  • www.nusabali.com-truk-tertimpa-pohon-sopir-dan-kernet-selamat

SINGARAJA, NusaBali
Sebuah truk tronton bernopol B 9297 SU tertimpa pohon suar perindang jalan di Jalan Raya Seririt - Singara KM 15.100, tepatnya di wilayah Desa Dencarik, Kecamatan Banjar, pada Kamis (6/5) pagi sekitar pukul 07.40 Wita.

Akibat peristiwa itu, bagian depan truk mengalami penyok. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, sopir dan kernet truk berhasil selamat.

Informasi yang dihimpun, kecelakaan tunggal Out of Control (OC) ini bermula saat truk bermuatan kayu kelapa yang dikendarai Agung Setia Budi, 33, asal Desa Klampang Rejo, Kecamatan Celuring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bersama Muhamad Doni Irawan, 21, asal Desa Jimbe, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, ini melaju dari arah barat menuju ke timur.

Setibanya di lokasi kejadian, sopir berusaha menghindari dahan pohon perindang di sisi utara jalan yang saat itu kondisinya terlalu rendah. Namun saat itu juga ada mobil yang tak dikenal dari arah belakang truk hendak mendahului. Korban kemudian membanting stir ke kiri sehingga kap truk mengenai dahan pohon dan membuat pohon tersebut roboh menimpa bagian depan truk.

"Saat itu saya melihat pohon sangat pendek dan saya berusaha menghindari dengan sedikit mengambil haluan ke kanan. Namun saat itu saya terkejut ada mobil hendak menyalip sehingga saya banting stir ke kiri dan mengenai pohon hingga tumbang. Kalau saya tidak menghindar seperti itu, mungkin mobil itu yang ringsek," tutur sopir truk, Agung ditemui di lokasi kejadian.

Agung menuturkan, saat pohon tersebut tumbang menimpa truknya, dirinya bersama rekan kernet langsung melompat keluar dari truk untuk menyelamatkan diri. Keduanya berhasil selamat dari musibah tersebut. Hanya saja rekannya mengalami luka ringan di bagian jari tangan kiri serta sempat merasa sakit di bagian kepala akibat berbenturan dengan kap truk.

"Kami berdua selamat. Saat begitu kami tahu kalau tertimpa pohon kami langsung melompat keluar kalau tidak begitu kita berdua mati terjepit. Teman saya hanya luka ringan di bagian tangan dan langsung diobati di Puskesmas Banjar," kata dia. Agung mengaku belum mengetahui pasti jumlah kerugian yang diakibatkan kecelakaan ini.

Sementara itu, Kapolsek Banjar Kompol Made Agus Dwi Wirawan menjelaskan, truk tersebut awalnya melaju dari arah barat menuju timur. Kemudian di lokasi kejadian, bagian atap truk mengenai pohon suar berdiameter sekitar 90 centimeter di tepi jalan hingga roboh, dan menimpa truk hingga penyok. "Tidak ada korban, sopir dan kenetnya selamat," ujarnya.

Usai menerima laporan tersebut, pihaknya langsung meminta bantuan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng guna melakukan evakuasi pohon tumbang yang menimpa truk. "Evakuasi kami dibantu petugas BPBD. Saat penanganan arus lalulintas sementara kami alihkan ke jalur selatan ke Banjar Tengah hingga Dencarik," ungkap Kompol Agus Dwi. *mz

Komentar