nusabali

Kandang Terbakar, 39.000 Ayam Terpanggang

  • www.nusabali.com-kandang-terbakar-39000-ayam-terpanggang

AMLAPURA, NusaBali
Kandang ayam ukuran 120 meter x 12 meter di Banjar Abuan, Desa/Kecamatan Rendang, Karangasem terbakar, Kamis (6/5) sekitar pukul 03.00 Wita.

Akibatnya 39.000 ayam broiler umur 1 minggu mati terpanggang. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 2 miliar. Kebakaran di kandang ayam milik I Putu Partama, 50, diketahui pertama kali oleh Mohammad Yusuf, 54. Saat itu, saksi melihat kobaran api melalap kandang ayam potong tersebut. Saksi kemudian membangun rekan-rekannya sesama buruh di kandang ayam itu dan menginformasikan kepada Putu Partama yang tinggal di Banjar Rendang Kelod, Desa/Kecamatan Rendang. Peristiwa kebakaran itu dilaporkan ke Polsek Rendang.

Kapolsek Rendang Kompol I Made Sudartawan yang menerima laporan meneruskan ke Pos Pemadam Kebakaran Kecamatan Selat. Tak berselang lama, 17 pemadam kebakaran datang dengan lima unit mobil pemadam kebakaran. Petugas Pos Pemadam Kebakaran Kecamatan Selat juga berkoordinasi dengan petugas Damkar Klungkung. Pemadaman hingga pendinginan berakhir pukul 06.00 Wita menghabiskan 34.000 liter air. Seluruh kandang berdinding bambu, rangka dan isinya ludes terbakar. Termasuk 39.000 ayam broiler umur 1 minggu mati terpanggang.

Ayam potong itu rencananya dijual setelah rata-rata umur 4 minggu hingga 5 minggu. Hasil penyelidikan sementara, penyebab kebakaran akibat tabung gas bocor, tetapi kepastiannya masih dalam penyelidikan petugas Polsek Rendang. Bangunan kandang ayam dengan kap baja ringan, tiang beton, tetapi dengan mudah terbakar karena di kandang itu sepenuhnya di lantai berisi sekam. Sekam itu yang terbakar menyebabkan seluruh ayam mati.

“Saat saya bangun pukul 03.00 Wita, maunya mengecek kondisi ayam, ternyata telah terjadi kobaran api membakar kandang ayam, saya jadi kaget,” kata saksi Mohammad Yusuf. Kapolsek Rendang Kompol I Made Sudartawan mengatakan, kasus kebakaran kandang ayam itu masih dalam penyelidikan. “Dugaan awal diakibatkan tabung gas bocor,” kata Kompol Sudartawan. *k16

Komentar