nusabali

Desa Kukuh dan Gunung Salak Disiapkan Vaksinasi Massal

  • www.nusabali.com-desa-kukuh-dan-gunung-salak-disiapkan-vaksinasi-massal

TABANAN, NusaBali
Setelah mendapatkan 50.000 dosis vaksin Astrazeneca dari Pemprov Bali, Pemkab Tabanan akan memvaksinasi Covid-19 massal.

Vaksinasi ini menyasar warga Desa Kukuh, Kecamatan Marga dan Desa Gunung Salak, Kecamatan Selemadeg Timur, mulai Senin (10/5).

Dua desa tersebut mendapat giliran vaksin karena berada di kawasan wisata. Desa Kukuh, Kecamatan Marga memiliki tujuan wisata DTW Alas Kedaton. Desa Gunung Salak, Kecamatan Selemadeg Timur adalah desa wisata yang kini banyak dibangun villa.

Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Tabanan, dr Ketut Nariana mengatakan vaksinasi untuk masyarakat sekarang gilirannya Desa Kukuh dan Desa Gunung Salak. "Vaksinasi dijadwalkan mulai Senin, 10 April," ujarnya, Kamis (6/5).

Sebagai persiapan vaksinasi tersebut, Desa Kukuh menyiapkan empat pos layanan vaksinasi. Yakni, di Kantor Desa Kukuh melayani vaksin untuk masyarakat Banjar Lodalang dan Banjar Dalem Kerti. Pos II, di SDN 1 Kukuh melayani vaksin untuk masyarakat Banjar Tengah dan Banjar Tatag. Pos III di wantilan Desa Adat Kukuh melayani vaksin untuk masyarakat Banjar Munggal  dan Banjar Batanwani. Dan Pos IV di SDN 3 Kukuh melayani vaksin untuk masyarakat Banjar Tegal dan Banjar Denuma.

Perbekel Kukuh I Made Sugianto mengatakan untuk vaksinasi terhadap masyarakat di Desa Kukuh sudah disiapkan 4 pos pelayanan. Masyarakat sudah mengetahui pos layanan vaksinasi karena masing-masing banjar telah dibagi. "Sudah disiapkan untuk proses vaksinasi," jelasnya.

Kata dia, syarat warga yang boleh vaksinasi Covid-19 adalah berusia 18 tahun ke atas. "Dengan syarat ini, data sementara warga yang akan menjalani vaksinasi di Desa Kukuh 4.300 warga, " imbuhnya.

Terkait adanya mutasi virus Corona baru yang sudah masuk ke Bali, Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr Nyoman Suratmika mengatakan, tidak ada penanganan khusus. Masyarakat tetap diimbau tidak lengah dan tetap ketat menjalani protokol kesehatan. "Prokes yang ada tetap jalankan," ujarnya. Pihak Dinas Kesehatan Tabanan juga tetap melakukan tindakan vaksinasi dan melakukan 3T (testing, tracing dan treatment) untuk kasus positif Covid-19. *des

Komentar