nusabali

Ikuti KIPP, Bupati Suwirta Bahas Inovasi OPD

  • www.nusabali.com-ikuti-kipp-bupati-suwirta-bahas-inovasi-opd

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta langsung membahas inovasi yang disiapkan oleh organisasi perangkat daerah (OPD), di ruang rapat Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung, Kamis (6/5).

Inovasi ini akan diikutkan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021. Pelaksanaan KIPP 2021 mengacu Peraturan Menteri PANRB No : 7/2021 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemkab, BUMN, dan BUMD. Tahun 2021, KIPP bertema percepatan inovasi pelayanan publik untuk pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan melalui transfer pengetahuan di tatanan normal baru. Ada tiga kelompok inovasi pada KIPP yakni kelompok umum, kelompok replikasi, dan kelompok khusus.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengharapkan OPD agar bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan dokumen untuk mengikuti KIPP. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI pada tahun 2021.

Bupati menyebut, KIPP bermanfaat untuk menyejahterakan masyarakat Klungkung. "Dengan KIPP, Pemkab Klungkung dapat berinovasi sehingga dapat meningkatkan pelayanan masyarakat menjadi lebih baik dari sebelumnya," harap Bupati Suwirta.

Pemkab Klungkung telah menciptakan sejumlah inovasi. Dua diantaranya telah masuk Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Nasional, yakni program Beli Mahal Jual Murah (Bima Juara) dan Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS). Atas keberhasilan itu, Klungkung juga mendapat tambahan Dana Insentif Daerah (DID) dari Pusat. *wan

Komentar