nusabali

Panen Padi Organik di Subak Blahpane Sidan Sesuai Target

  • www.nusabali.com-panen-padi-organik-di-subak-blahpane-sidan-sesuai-target

GIANYAR, NusaBali
Petani Subak Blahpane, Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Gianyar, menggelar panen padi organik sesuai target.

Panen di lakukan Kamis (6/5) pada lahan seluas 1 hektare. Hasil panen sesuai harapan dan kualitas organik sesuai standar.  Hal itu diakui Perbekel Desa Sidan I Wayan Sukra Suyasa usai panen tersebut. Dia menyebutkan, panen organik sesuai harapan, bahkan hasilnya mencapai 8 ton gabah pada 1 hektar. Biasanya, rata-rata hasil panen padi per hektare kisaran 6 ton. "Hasilnya di luar dugaan, melampaui target. Bahkan hasil uji lab, kandungan organik sesuai standar," jelas Sukra Suyasa.

Kata dia, padi organik ini memakai varietas padi jenis Ciherang 63 yang dipolakan menjadi jenis organik. Jelasnya, Subak Blahpane dengan luas tanam 8 hektare, pada musim panen kali ini, keseluruhan dengan pola padi organik. Pemasaran utama beras padi organik ini pada BUMDes Desa Sidan. Dikatakannya, BUMDes ini satu-satunya BUMDes yang memasarkan beras organik dan memiliki kemasan tersendiri. Selain didistribusikan pada toko modern dan warung, juga didistribusikan pada ASN, TNI dan Polri. "Kami sangat berterimakasih kepada Kodim/1616 yang membantu dari awal sampai panen dalam rangka mendukung ketahanan pangan di Bali, khususnya di Gianyar," jelas Sukra Suyasa.

Sukra Suyasa optimis seluruh subak di wilayahnya menanam padi organik. Saat ini lebih dari 20 hektare sudah menanam padi organik. Sisanya sekitar 45 hektare lagi baru mengembangkan padi organik. "Saya yakin di musim tanam kedua tahun 2021 keseluruhan subak sudah menanam padi organik. Sehingga akhir 2021, keseluruhan sudah menghasilkan padi organik," jelasnya. *nvi

Komentar