nusabali

5 Kali Beruntun Siswa dari Jembrana Wakili Bali ke Paskibraka

  • www.nusabali.com-5-kali-beruntun-siswa-dari-jembrana-wakili-bali-ke-paskibraka

NEGARA, NusaBali
Keberhasilan siswi Kelas X SMAN 1 Negara, Valentina Dhyastika, 17, mewakili Bali ke Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2021 melalui seleksi tingkat provinsi, menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Jembrana.

Dengan sukses Valentina ini, berarti sudah 5 kali secara beruntun siswa terbauk dari Jembrana mewakili Bali ke Paskibraka Nasional sejak 2017 lalu.


Valentina sendiri maju mewakili Jembrana ke seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Bali di Denpasar, 4-5 Mei 2021, bersama I Putu Yasa Semadi, 16, siswa Kelas X SMAN 1 Mendoyo. Dalam seleksi tingkat provinsi, Valentina tampil sebagai yang terbaik kelompok putri, sehingga berhak ke Paskibraka Nasional 2021. Sedangkan Putu Yasa Semadi menempati peringkat kedua kelompok putra, karena diungguli wakil dari Badung, I Made Wahyu Surya Prayoga (SMAN 1 Mengwi). Yasa Semadi pun diplos sebagai cadangan putra Paskibraka Nasional 2021.

Valentina merupakan siswa dari Jembrana kelima secara beruntun sejak 2017 yang terpilih mewakili Bali ke Paskibraka Nasional. Pada 2017, yang lolos ke Paskibraka Nasional adalah Ni Kadek Natalia Maharani, siswi SMAN 1 Pekutatan. Dia saat itu lolos bersama Komang Aji Tegak Sidiman    (siswa SMKN Bali Mandara Buleleng).

Pada 2018, giliran Putu Sukma Dewi Widiyanti, siswi SMAN 2 Negara, yang lolos ke Paskibraka Nasional. Saat itu, wakil Jebrana ini lolos ke Istana Merdeka Jakarta bersama Sang Putu Hendra Aditya Jyoti, siswa SMAN 1 Semarapura, Klungkung. Sedangkan pada 2019 dan 2020, secara beruntun I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira (siswa SMAN 1 Mendoyo, Jembrana) lolos ke Paskibraka Nasional. Dia lolos mewakili Bali bersama Ida Ayu Alamanda Diastari, siswi dari SMAN 1 Bangli.

Sementara, atas suksesnya lolos ke Paskibraka Nasional 2021, Valentina Dhyastika (siswi asal Lingkungan Waru Mekar, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana) sempat diajak Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Jembrana, Ni Nengah Wartini, menghadap Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Kamis (6/5). Demikian pula Putu Yasa Semadi (siswa asal Banjar Baluk I, Desa Baluk, Ke-camatan Negara, Jembrana) ikut diajak ketemu Bupati Tamba.

Dua siswa-siswi terbaik ini secara khusus diterima Bupati Tamba di Kantor Bupati Jembrana, yang kebetulan sedang bersama Forkopimda Jembrana untuk diajak makan siang di salah satu warung makan di Negara. Mereka juga diperkenalkan kepada Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa dan Dandim 1617/Jembrana, Letkol Inf Hasrifuddin Haruna.

Kepada NusaBali, Valentina mengaku sangat bahagia terpilih mewakili Bali ke Paskibraka Nasional 2021. Apalagi, menjadi Paskibraka Nasional ini juga merupakan salah satu impian yang ingin dicapainya. Seperti yang diraih kakak kelasnya di SMPN 1 Negara, I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata, yang dua kali beruntun terpilih wakili Bali ke Paskibraka Nasional 2019 dan 2020. “Rasanya senang sekali. Ini impian sejak SMP yang akhirnya terwujud,” tutur siswi SMAN 1 Negara kelahiran 25 November 2004 dengan postur tubuh: tinggi 175 cm dan berat 65 kg ini.

Valentina menceritakan, tercapainya impian tembus Paskibraka Nasional ini berawal dari adanya pemberitahuan terkait seleksi Paskibraka tingkat Kabupaten Jembrana, awal April 2021 lalu. Kebetulan, saat ada pengumuman itu, Valentina yang dipercaya mewakili SMAN 1 Negara. “Karena memang sudah impian, langsung saya terima. Sebelum seleksi di kabupaten, dari kakak-kakak kelas memberi pelatihan dulu 2 minggu,” kenang anak bungsu dari tiga bersaudara pasangan I Nyoman Yastika (almarhum) dan Ni Luh Made Budiasih ini.

Saat seleksi tingkat kabupaten, Valentina tidak merasa ada beban. Terbukti, dia lolos seleksi, sehingga dipercaya mewakili Jembrana ke seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Bali. Hanya saja, saat seleksi tingkat provinsi di Denpasar, Valentina sempat agak grogi. Pasalnya, dia melihat banyak wakil daerah lain yang memiliki postur tubuh bagus.

“Saya sempat berpikir persaingan sangat berat. Apalagi, saat hari pertama. Tetapi, saya terus berusaha memotivasi diri, harus yakin bisa. Saya tidak mau menyia-nyiakan kesempatan, dan ternyata terpilih,” papar Valentina.

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 1 Negara, Putu Prapta Arya, mengatakan sangat bangga dengan prestasi Valentina. Terlebih, ini juga baru pertama kali siswa SMAN 1 Negara tembus Paskibraka Nasional. “Ini suatu kebanggan di non akademik. Sebenarnya, setiap tahun kita selalu mengikutkan peserta seleksi Paskibraka dan rutin lakukan regenerasi pelatihan baris-baris berbaris. Astungkara, tahun ini baru bisa tercapai sampai ada yang lolos Paskibraka Nasional,” papar Putu Prapta saat dikonfirmasi terpisah di Negara, Kamis kemarin.

Menurut Putu Prapta, Valentina juga termasuk salah satu siswi yang pintar. Terbukti saat diterima di SMAN 1 Negara, Valentina diterima di Kelas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) 4 yang merupakan salah satu kelas unggulan. “Valentina ini ada di salah satu yang terbaik di MIPA 4. Itu termasuk kelas unggulan, sehingga akademik dan non akdemiknya memang bagus.”

Di sisi lain, Bupati Jembrana Nengah Tamba juga sangat bangga dengan prestasi Valentina. Apalagi, lima kali berturut-turut, putra-putri dari Jembrana berhasil  lolos mewakili Bali ke Paskibraka Nasional. Sebagai penghargaan, Bupati Tamba berencana membuat semacam MoU dengan jajaran TNI/Polri, agar anak-anak yang pernah menjadi Paskibraka Nasional, setamat SMA bisa diterima menjadi anggota TNI/Polri.

“Tujuannya, agar mereka bisa diterima di kedinasan tersebut, apa pun pilihannya. Ini saya kira luar biasa. Secepatnya saya akan berkomunikasi dan berkirim surat kepada Pangdam IX/Udayana dan Kapolda Bali, agar ada semacam MoU, sehingga anak-anak ini bisa difasilitasi,” tandas Bupati Tamba kemarin.

Menurut Bupati Tamba, upaya membuatkan MoU itu juga untuk memotivasi anak-anak Jembrana. Bagaimana di tahun-tahun selanjutnya siswa dari Jembrana tetap mempertahankan gelar prestasi sebagai Paskibraka Nasional. “Saya yakin prestasi seperti ini bisa menjadi inspirasi generasi muda lainnya. Untuk berprestasi apapun bidang dan minat masing-masing,” tegas Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana ini. *ode

Komentar