nusabali

Jelang Idul Fitri, Masjid Disemprot Disinfektan

  • www.nusabali.com-jelang-idul-fitri-masjid-disemprot-disinfektan

NEGARA, NusaBali
Tim Satgas Penanganan Covid-19 Jembrana melaksanakan spraying (penyemprotan) cairan disinfektan di sejumlah masjid di Jembrana, Kamis (6/5).

Tindakan ini sebagai langkah pencegahan kemunculan klaster Idul Fitri penularan Covid-19. Penyemprotan cairan disinfektan menyasar 10 masjid termasuk jalan protokol di seputaran Kota Negara. Petugas  mengerahkan mobil pemadam kebakaran (damkar) Pemkab Jembrana hingga mobil water cannon Polres Jembrana.

Selain penyemprotan cairan disinfektan, tim Satgas Penanganan Covid-19 dipimpin Bupati Jembrana I Nengah Tamba, juga membagikan masker dan cairan disinfektan kepada masing-masing pengurus masjid. Kunjungan maraton ke 10 masjid yang juga diikuti jajaran Forkopimda Jembrana itu, juga untuk memantau situasi jelang Hari Raya Idul Fitri. Khususnya mengenai penetapan standar protokol kesehatan (prokes).  

Menurut Bupati Tamba, kegiatan ke sejumlah masjid ini menjadi bagian tim Satgas untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Jembrana. Sehari sebelumnya pada Rabu (5/5) malam, dirinya bersama jajaran Forkopimda Jembrana melaksanakan pemantauan angkutan lebaran di Gilimanuk. Dari pemantauan sampai Kamis (6/5) pukul 00.00 Wita, semuanya berjalan lancar, dan tidak ada keramaian pemudik. “Ini ikhtiar kami Pemkab Jembrana dan Forkopimda untuk pencegahan maksimal penyebaran virus corona jelang perayaan Idul Fitri. Semoga tetap lancar,” kata Bupati Tamba.

Bupati Tamba mengatakan, dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, dari Pemkab maupun Satgas di Banyuwangi diharapkan melaksanakan pengecekan ataupun pencegahan terhadap warga yang akan masuk Bali. Terutama ketika arus balik Lebaran nanti. “Harapan kami saat arus balik, Pemda Banyuwangi juga melakukan hal yang sama. Di situ juga harus ketat. Daripda  setelah sampai di Gilimanuk kita pulangkan kembali. Lebih baik ketatkan terlebih dahulu di Banyuwangi,” ujarnya.

Terkait dengan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan di jalan protokol dan sejumlah masjid, Bupati Tamba mengatakan, masjid merupakan salah satu tempat yang bisa menjadi tempat berkumpulnya banyak orang dalam rangka menjelang Hari Raya Idul Fitri nanti. Karena itu, dirinya mengerahkan mobil Damkar maupun BPBD untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke masjid-masjid. Begitu juga dikerahkan mobil water canon dari Polres Jembrana yang melakukan penyemprotan di jalan protokol seputaran Kota Negara.

“Kami berusaha mensterilkan dari virus Corona. Kami berkomitmen untuk memberantas Covid-19, dan menghindari dari pada warga kita yang melakukan aktivitas agar tidak terjangkit. Mudah-mudahan ini berhasil. Kami harapkan warga juga bersama-sama menjaga keamanan. Terutama prokes (prokol kesehatan),” pungkasnya.*ode

Komentar