nusabali

Dinas Kesehatan Vaksinasi 40.000 Sasaran di Zona Merah

  • www.nusabali.com-dinas-kesehatan-vaksinasi-40000-sasaran-di-zona-merah

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Kesehatan Karangasem menggelar vaksinasi massal dengan 40.000 sasaran di dua zona merah dan satu zona oranye.

Vaksinasi massal ini untuk mempercepat kedua wilayah itu jadi zona hijau. Kelurahan Subagan dan Kelurahan Padangkerta masuk zona merah, sedangkan Kelurahan Karangasem, Kecamatan Karangasem zona oranye. Dinas Kesehatan Karangasem siapkan 40.000 dosis vaksin astrazeneca. Antara vaksin pertama dan vaksin kedua dengan rentang waktu 8 minggu.

Koordinator Bidang Kesehatan GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan) Covid-19 Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama yang juga Kadis Kesehatan mengatakan vaksinasi massal di dua zona merah dan 1 zona oranye dibagi menjadi 15 pos. Masing-masing 3 pos di Kelurahan Padangkerta, 6 pos di Kelurahan Subagan, dan 6 pos di Kelurahan Karangasem. Dinas Kesehatan juga menyiapkan pelayanan mobile untuk lansia.

Petugas yang dilibatkan untuk vaksinasi massal dari 12 puskesmas. Masing-masing puskesmas mengirim dua tim. Tiap tim isinya 6 orang lengkap dengan tenaga dokter. “Setelah menjalani vaksin pertama, mesti menunggu 8 minggu lagi untuk vaksin kedua pada tanggal 30 Juni. Vaksin ini beda dengan vaksin sinovac,” jelas I Gusti Bagus Putra Pertama saat memantau vaksinasi massal di SMPN 2 Amlapura, Jalan Sudirman, Rabu (5/5).

Dijelaskan, sasaran 40.000 warga yang tinggal di tiga kelurahan itu, baik yang berKTP di kelurahan tersebut atau tidak, tetap dapat pelayanan, terpenting tinggal di tiga kelurahan tersebut. Vaksin menyasar warga usiadi atas 18 tahun dan lolos skrining. Pelayanan vaksinasi massal untuk vaksin I hingga 19 Mei 2021. Gusti Bagus Putra Pertama menegaskan, vaksinasi massal di zona merah untuk mempercepat kawasan itu menjadi zona hijau. Gusti Bagus Putra Pertama optimis ketiga kelurahan itu segera keluar dari status zona merah, setelah warganya menjalani vaksinasi kedua.

Kelurahan Subagan paling lama menyandang zona merah sejak Minggu (7/2). Sebab kasus di Kelurahan Subagan silih berganti, walau disertai sembuh bagi warga yang jalani perawatan tetapi muncul lagi kasus yang sama, sehingga tetap statusnya zona merah. Dari 10 lingkungan di Kelurahan Subagan, tiga lingkungan masuk zona oranye yakni Lingkungan Jasri Kelod, Lingkungan Jasri Kaler, dan Lingkungan Galiran Kaler.

Sasaran vaksinasi di Karangasem sementara tercapai 56,08 persen atau 42.267 jiwa dari 74.438 jiwa yang jadi sasaran. Sedangkan sasaran lansia sementara tercapai 31,2 persen atau 12.618 orang dari 40.460 orang lansia yang jadi sasaran. Sedangkan capaian vaksinasi untuk petugas publik 85,4 persen atau capaiannya 27.160 orang dari 31.793 orang yang jadi sasaran.

Terpisah, Kepala Puskesmas Selat dr I Gusti Lanang Udiyana mengakui capaian vaksinasi menyasar lansia masih kecil. Sementara tercapai 2.200 lansia dari sasaran 6.464 lansia. “Sementara sasarannya baru di empat desa dari 8 desa sasaran,” kata dr I Gusti Lanang Udiyana. Kepala Puskesmas Manggis II dr I Gede Dera Eka Adnyana mengakui sasaran vaksinasi untuk lansia belum tercapai. “Kami terus berupaya agar sasaran vaksinasi lansia sesuai target,” katanya. Masalah vaksinasi lansia, karena lansia tidak kuat lagi datang ke Puskesmas Manggis II tanpa diantar keluarganya, sehingga diupayakan melakukan pelayanan dengan cara mendekatkan ke rumah-rumah lansia. *k16

Komentar