nusabali

Kaling Perempuan Pertama di Bangli

  • www.nusabali.com-kaling-perempuan-pertama-di-bangli

Sri Wahyuni yang lebih akrab disapa Jro Sri Wahyuni, 45, warga Lingkungan/Banjar Puri Dencarik, Kelurahan Kawan, Kecamatan/Kabupaten Bangli, menjadi kepala lingkungan (kaling) perempuan pertama di Bangli.

Jabat Kaling di Lingkungan Puri Dencarik

BANGLI, NusaBali
Hal tersebut terungkap menyusul pelantikan yang bersangkutan di Banjar/Lingkungan Puri Dencarik pada Anggara Paing Bala, Selasa (13/12) sore. Ibu tiga anak kelahiran Kampung Nitikan, Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Jogjakarta, ini menggantikan kepala lingkungan periode sebelumnya, Anak Agung Susila Antara. Sri Wahyuni terpilih secara aklamasi sebagai calon tunggal dalam pemilihan kaling pada 27 November lalu.

Ditemui usai pelantikan oleh Camat Bangli I WayanWardana, Sri Wahyuni mengaku  terharu dipercaya warganya sebagai kaling. “Tiyang akan berusaha yang terbaik untuk warga,” ucap istri dari Anak Agung Gede Adi Semara. Apalagi, kata Sri Wahyuni, dirinya merupakan kepala lingkungan pertama wanita di Bangli. “Mudah-mudahan dengan dukungan seluruh warga, semua berjalan baik,” imbuh penghobi baca buku-buku bertema kesehatan. Sri Wahyuni memiliki beberapa rencana ke depan terkait pemberdayaan warga Lingkungan Puri Dencarik. Di antaranya mendirikan koperasi dan lainnya.

Camat Bangli I Wayan Wardana menyatakan, Sri Wahyuni merupakan kepala lingkungan perempuan pertama di Bangli. “Dari 27 lingkungan belum ada kaling perempuan,” kata Wardana didampingi Lurah Kawan I Made Oma Sulis Udiana. Dikatakan kalau pejabat perempuan seperti camat dan lainnya, sudah ada di Bangli. Namun yang menjabat sebagai kepala lingkungan, Sri Wahyuni yang pertama kali. “Saya berharap kaling baru memberi pelayanan sebaik mungkin kepada warga,” kata Wardana. Pihaknya mengapresiasi warga Lingkungan Puri Dencarik, dengan menggelar pelantikan Kepala Lingkungan periode 2016-2022. “Sesungguhnya dengan SK (SK Camat) sudah cukup. Namun warga menghendaki pelantikan, karena ini kaling perempuan pertama,” tutur Wardana.  

Dari pantauan, pelantikan kaling dihadiri ratusan warga setempat, walau hujan deras sempat mengguyur. * k17

loading...

Komentar