nusabali

NusaBali Masuk Daftar Lima Perusahaan Terbaik

Momentum Hari Buruh, 5 Perusahaan Dapat Penghargaan Pemkot Denpasar

  • www.nusabali.com-nusabali-masuk-daftar-lima-perusahaan-terbaik

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar memberikan penghargaan kepada 5 perusahaan di wilayah Kota Denpasar yang dianggap terbaik dalam penerapan ‘Sarana Hubungan Industrial’.

Salah satunya, PT Sinar NusraPress Utama, yang merupakan perusahaan media Harian Umum NusaBali. Selain PT Sinar NusaPress Utama (NusaBali), 4 perusahaan di Kota Denpasar yang juga mendapat penghargaan dari Pemkot Denpasar masing-masing Hotel Fairmont Sanur Beach, Bali Royal Hospital, The Grand Shanti Hotel, dan BaliMed Hospital (RS BaliMed). Penghargaan ini diberikan Pemkot Denpasar, melalui Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar, sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi perusahaan di wilayahnya.

Penghargaan kepada 5 perusahaan terbaik dalam penerapan Sarana Hubungan Industrial ini diserahkan Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, di Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang, Denpasar Utara, Rabu (5/5), bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh 1 Mei 2021. Khusus untuk PT Sinar NusraPress Utama, penghargaan diterima langsung Pemimpin Umum NusaBali, I Gede Muliarsana.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Kadek Agus Arya Wibawa mengungkapkan NusaBali dan 4 perusahaan lainnya terpilih menjadi yang terbaik, dinilai dari hubungan baik antara perusahaan dan pekerjanya. Menurut Arya Wibawa, seleksi dilakukan selama setahun, sementara penilaian dilakukan dalam sebulan terakhir, hingga akhirnya terpilih 5 perusahaan.

Arya Wibawa menyebutkan, proses tersebut dilakukan melalui tahapan seleksi oleh tim yang terdiri dari Dewan Pengupahan, Dinas Ketenagakerjaan, dan Lembaga Kerja Sama Tripartit. Kelima perusahaan dinilai dari segi hubungan industrial antara pengusaha dengan pekerjanya.

Hubungan industrial pada lima perusahaan ini, kata Arya Wibawa, dianggap sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Termasuk di antaranya pemberian BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, memiliki kelengkapam secara administrasi, tanpa ada pemotongan upah yang membuat perusahaan dan pekerjanya tetap sehat.

Selain itu, kelima perusahaan ini juga mengikuti instruksi pemerintah saat masa pandemi Covid-19, dengan menerapkan protokol kesehatan yang menjadi salah satu poin penilaian. "Kita lihat di masa pandemi Covid-19 ini, banyak perusahaan yang down, kurang sehat, sehingga berimbas ke karyawannya. Tetapi, untuk lima perusahaan ini (termasuk NusaBali, Red) tetap bisa bertahan," tandas politisi asal Kelurahan Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan yang juga menjabat Sekretaris DPC PDIP Denpasar ini.

Atas capaiannya, kata Arya Wibawa, Pemkot Denpasar melalui Dinas Ketenaga Kerjaan dan Sertifikasi Kompetensi memberikan penghargaan kepada NusaBali dan 4 perusahaan lainnya untul lebih meningkatkan kerja sama perusahaan dengan pekerja agar tetap sehat. Selain itu, penghargaan ini juga diharapkan menjadi pemacu motivasi bagi perusahaan lainnya.

"Dengan menjaga hubungan perusahaan dan pekerja tetap sehat, maka hal yang tidak diinginkan bisa terhindarkan. Situasi Kota Denpasar pun jadi kondusif, tidak ada demo-demo seperti di daerah lain. Jadi, kami harap semua perusahaan ke depan dapat lebih baik lagi," tegas mantan Ketua Fraksi PDIP DPRD Denpasar ini.

Sementara itu, Plt Kadis Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar, I Made Widiyasa, mengatakan peringatan Hari Buruh Internasional Tahun 2021 merupakan momentum yang sangat tepat untuk bersinergi dan bersama-sama mendukung perekonomian nasional, baik pekerja, pengusaha, pemerintah, maupun stakeholder khususnya di Kota Denpasar. Karena itu, Pemkot Denpasar memberikan apresiasi kepada 5 perusahaan di Kota Denpasar.

“Tahun 2021 ini kami memberikan penghargaan kepada 5 perusahaan terbaik dalam penerapan Sarana Hubungan Industrial di Kota Denpasar. Pemberian penghargaan ini mengambil momentum Hari Buruh Internasional,” jelas Made Widiyasa. *mis

Komentar