nusabali

Pemkab Klungkung Hadiri Buka Puasa dengan Masyarakat Kampung Muslim

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-hadiri-buka-puasa-dengan-masyarakat-kampung-muslim

SEMARAPURA, Nusa
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri acara buka puasa bersama masyarakat Muslim di Masjid Nurul Huda, Kampung Gelgel, Kecamatan Klungkung, Minggu (2/5).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Suwirta menyampaikan kepada masyarakat di Kampung Gelgel supaya tetap menjaga kebersamaan dan silaturahmi yang sudah terjalin sejak dahulu walaupun dalam situasi pandemi Covid-19.

“Jangan sampai melupakan kebersamaan yang sudah terjalin sejak dahulu dan pada masa pandemi seperti saat ini. Ketika melaksanakan hal tersebut agar tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19,” ujar Bupati Suwirta di acara yang juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Anak Agung Gde Anom, Panglingsir Puri Agung Klungkung Ida Dalem Semaraputra, Forkopimda Kabupaten Klungkung, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klungkung, serta undangan terkait.

Bupati Suwirta mengingatkan Perbekel Kampung Gelgel Sahidin dan seluruh komponen masyarakat Muslim di Kampung Gelgel agar mematuhi imbauan dan peraturan pemerintah terkait pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 dan mengenai mudik Lebaran 2021.

Bupati Suwirta mengharapkan kepada masyarakat Muslim agar dalam bulan puasa pada masa pandemi dapat digunakan sebagai sarana melakukan introspeksi diri, dan tetap tumbuhkan semangat, spirit untuk tetap mengedepankan kebersamaan.

“Mari bersama-sama berdoa agar pandemi ini cepat berlalu agar dapat menjalani kehidupan kembali normal seperti dulu lagi,” ajak Bupati Suwirta.

Selain itu, Bupati Suwirta mewakili Pemkab dan masyarakat Klungkung mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Sebagaimana diketahui, Kampung Gelgel merupakan pemukiman Muslim tertua di Bali. Sejarahnya sudah ada sejak Kerajaan Gelgel sekitar abad ke-14. Warga Muslim di Kampung Gelgel sejak dahulu hidup berdampingan secara harmonis bersama masyarakat Desa Adat Gelgel yang mayoritas beragama Hindu. Bahkan hubungan kekeluargaan antara Kampung Gelgel dengan Kerajaan Puri Klungkung juga tetap terjalin harmonis karena ikatan sejarah. *wan

Komentar