nusabali

Panen Sayuran Hidroponik, Ubah Mindset Berkebun di Lahan Terbatas

  • www.nusabali.com-panen-sayuran-hidroponik-ubah-mindset-berkebun-di-lahan-terbatas

MANGUPURA, NusaBali
Panen perdana sayuran hidroponik berupa sayur pokcoy dilakukan Sekretaris Daerah Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa di lobi Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Senin (3/5).

Ini menjadi salah satu upaya mengubah mindset bahwa menanam sayur tak harus di lahan yang luas. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung, I Wayan Wijana mengatakan, panen sayur menggunakan media hidroponik ini dalam rangka memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat termasuk pegawai yang ingin belajar untuk mengembangkan hidroponik. Dijelaskan, pertanian dengan media hidroponik memberikan beberapa keuntungan. Seperti dari sisi lahan tidak membutuhkan lahan yang luas, sehingga bisa memanfaatkan pekarangan rumah serta pekarangan kantor.

“Sementara dari sisi perawatan, bertanam menggunakan hidroponik sangat mudah. Seperti tanaman jenis sayur pokcoy kemarin, dalam jangka waktu satu bulan sudah bisa dipanen,” ungkap Wijana.

Dia menambahkan, saat ini di masing-masing kantor BPP kecamatan juga sudah tersedia media edukasi baik hidroponik maupun komoditas lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana belajar.  “Media tersebut bisa dimanfaatkan untuk belajar mengembangkan sesuai minat dan potensi masing-masing wilayah. Selain itu, masing-masing kantor BPP ini juga ada penyuluh pertanian yang siap mendampingi,” katanya.

Sementara Sekda Adi Arnawa menyebut, apa yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung ini dapat memberikan motivasi kepada masyarakat, khususnya generasi muda untuk mulai menjadi generasi muda yang bergerak di bidang pertanian. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, menurut Arnawa menjadi mengubah mindset masyarakat, agar tidak hanya bertumpu pada satu sektor pariwisata saja, akan tetapi juga bergelut di bidang pertanian.

“Kita harus melakukan redesain dengan mendorong masyarakat menjadi petani-petani muda,” ungkap Sekda Adi Arnawa sembari menyempatkan diri mengunjungi Display Kopi untuk melihat dan mencicipi kopi dan arak kopi (inovasi minuman kopi dengan arak) yang merupakan hasil petani lokal di Badung Utara.*ind

Komentar