nusabali

Wakil Ketua DPRD Karangasem dari NasDem Dilengserkan di Tengah Jalan

  • www.nusabali.com-wakil-ketua-dprd-karangasem-dari-nasdem-dilengserkan-di-tengah-jalan

AMLAPURA, NusaBali
Tidak ada hujan tak ada angin, jabatan Wakil Ketua DPRD Karangasem dari Fraksi NasaDem akan berganti di tengah jalan.

Wakil Ketua Dewan I Made Agus Kertiana akan dilengserkan menjadi Ketua Fraksi NasDem DPRD Karangasem. Sebaliknya, Ketua Fraksi NasDem I Gusti Ngurah Gede Subagiartha yang notabene anak mantan Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri, akan sundul Agus Kertiana sebagai Wakil Ketua Dewan.

Tidak jelas, apa alasan prinsip tukar guling jabatan antara Agus Kertiana dan IGN Subagiartha saat perjalanan DPRD Karangasem 2019-2024 baru berjalan 1,5 tahun ini. Namun, pihak NasDem menyatakan pergantian ini sesuai dengan kesepakatan di internal partai sebelumnya. Berdasarkan kesepakatan, jabatan Wakil Ketua DPRD Karangasem dari Fraksi NasDem yang diduduki Agus Kertiana akan beralih setelah 1 tahun.

Ketua DPD NasDem Karangasem, IGA Mas Sumatri, mengakui memang telah mengusulkan pergantian jabatan Wakil Ketua Dewan. Usulan itu diajukan setelah masa jabatan Made Agus Kertiana lebih dari 1 tahun. "Surat usulan telah kami layangkan ke DPRD Karangasem," jelas Mas Sumatri yang juga mantan Bupati Karangasem 2016-2021 di Sekretariat DPD NasDem Karangasem, Jalan Untung Surapati Amlapura, Senin (3/5) siang.

Mas Sumatri menyebutkan, surat usulan pergantian Wakil Ketua Dewan yang diajukan ke DPRD Karangasem itu berasal dari DPP NasDem dengan Nomor 18-SE/NasDem/K.Asem/IV/2021 tertanggal 30 April 2021. Surat tersebut ditandatangani langsung Ketua Umum DPP nasDem Surya Paloh dan Sekretaris DPP NasDem, Johnny G Plate."Begitu surat dari DPP NasDem diterima, saya langsung bawa ke DPRD Karangasem," tegas Mas Sumatri.

Menurut Mas Sumatri, usulan pergantian posisi Wakil Ketua DPRD Karangasem ini sesuai dengan kesepakatan internal NasDem sebelumnya. Berdasarkan kesepakatan, Made Agus Kertiana yang sebelumnya Wakil Ketua Dewan akan dialihkan menjadi Ketua Fraksi NasDem DPRD Karangasem. Sebaliknya, IGN Subagiartha yang sebelumnya menjabat Ketua Fraksi NasDem, naik menjadi Wakil Ketua Dewan menggantikan Agus Kertiana. "Jadi, nanti akan terjadi tukar guling jabatan,” kata Mas Sumatri.

Dikonfirmasi NusaBali terpisah di Denpasar, tadi malam, Sekretaris DPW NasDem Bali, I Nyoman Winata, mengatakan antara Agus Kertiana dan IGN Subagiartha memang ada kesepakat pada 2019 silam, yang dituangkan dalam surat pernyataan. Saat itu, jabatan Wakil Ketua DPRD Karangasem dipercayakan kepada Agus Kertiana, karena Subagiartha ingin belajar dulu.

Sebenarnya, Subagiartha lebih berhak karena perolehan suara di Pileg 2019 paling tinggi di antara selutruh 9 caleg NasDem yang lolos ke DPRD Karangasem. Tetapi, saat itu Subagiartha bersedia duduk sebagai Ketua Fraksi NasDem DPRD Karangasem.

"Itu kesepakatannya 1,5 tahun saja untuk Agus Kertiana sebagai Wakil Ketua DPRD Karangasem. Kesepakatan dibuat zaman Ketua DPW NasDem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa. Seperti apa saat itu kondisinya, saya tidak tahu. Kita hanya mengikuti keputusan yang sudah ada saja," ujar Winata.

Sementara itu, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Karangasem, I Wayan Ardika, mengakui telah menerima surat usulan pergantian Wakil Ketua Dewan dari Fraksi NasDem. "Surat usulan telah kami terima. Sakarang sedang dalam proses untuk diagendakan acara pelantikannya," jelas Wayan Ardika saat dikonfirmasi NusaBali terpisah di Amlapura, Senin kemarin.

Di sisi lain, Agus Kertiana membenarkan dirinya diusulkan untuk copot jabatan Wakil Ketua DPRD Karangasem dari Fraksi NasDem. Menurut Agus Kertiana, usulan ini sesuai dengan mekanisme partai.

"Ya, itu sudah sesuai mekanisme partai," tandas Agus Kertiana, politisi asal Banjar Rendang Tengah, Desa/Kecamatan Rendang yang dalam Pileg 2019 lalu lolos ke DPRD Karangasem dari NasDem Dapil Kecamatan Selat-Rendang-Sidemen dengan perolehan 6.008 suara.

Sebaliknya, IGN Subagiartha mengaku siap mengemban amanat partai sebagai Wakil Ketua DPRD Karangasem dari Fraksi NasDem, menggantikan Agus Kertiana. "Saya kan selalu siap sebagai petugas partai,” ujar Subagiartha.

“Selama jadi Ketua Fraksi NasDem, saya sudah menjalankan program fraksi. Kali ini, saya dialihkan jadi Wakil Ketua DPRD Karangasem. Saya siap menjalankan amanat partai dan amanat masyarakat," lanjut politisi muda NasDem kelahiran 12 November 1991 yang merupakan anak sulung dari tiga bersaudara pasangan IGM Tusan dan IGA mas Sumatri ini.

Subagiartha sendiri saat ini pegang jabatan struktural partai sebagai Wakil Ketua DPD Bidang Organisasi, Keanggotaan, Kaderisasi (OKK) DPD NasDem Karangasem, mendampingi ibunya, IGA Mas Sumatri. Selain itu, politisi NasDem berusia 30 tahun ini juga pegang jabatan Wakil Ketua Bidang Seni & Budaya KNPI Karangasem dan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Cabang Karangasem.

Dalam Pileg 2019 lalu, Subagiartha yang saat itu sandang predikat anak bupati lolos ke DPRD Karangasem dari NasDem Dapil Kecamatan Karangasem, dengan perolehan 6.678 suara. Suara tersebut berasal dari Kelurahan Karangasem (1.758 suara), Kelurahan Subagan (1.679 suara), Desa Bukit (642 suara), Kelurahan Padangkerta (591 suara), Desa Tumbu (598 suara), Desa Seraya Barat (298 suara), Desa Seraya Timur (238 suara), Desa Pertima (277 suara), Desa Tegallinggah (220 suara), Desa Seraya Tengah (184 suara), dan Desa Bugbug (93 suara). *k16,nat

Komentar