nusabali

Pemkab Dukung Pengembangan Potensi Wisata Spiritual Desa Bakas

  • www.nusabali.com-pemkab-dukung-pengembangan-potensi-wisata-spiritual-desa-bakas

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau potensi wisata spiritual di Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Sabtu (1/5).

Bupati mendukung pengembangan potensi tersebut. Potensi wisata spiritual tersebut berupa mata air yang dijadikan tempat pesucian atau melasti di sekitar aliran Sungai/Tukad Melangit di barat desa.

Bupati meninjau bersama Kepala Dinas Pariwisata Klungkung AA Gede Putra Wedana, Camat Banjarangkan Dewa Komang Aswin, OPD terkait, perangkat desa dan tokoh masyarakat setempat.

Bupati Suwirta melihat dari dekat lokasi destinasi wisata tersebut. Posisi tempat pesucian ini berada di bawah tebing. Untuk mencapainya, Bupati bersama rombongan harus menyusuri jalan setapak di tengah sawah. Dilanjutkan dengan menuruni puluhan anak tangga yang terbuat dari beton. Sebelum mencapai lokasi tempat pesucian, pemandangan indah tersaji di tengah perjalanan. Dari atas terlihat pepohonan hijau dan lembah dengan aliran sungai/Tukad Melangit.

Bupati Suwirta menyampaikan saat ini Pemkab Klungkung sedang serius untuk pemberdayaan desa wisata. ‘’Pengembangan potensi ini kita support,’’ ujarnya. Untuk menyukseskan program ini tidak cukup hanya oleh Pemkab. Tetapi perlu adanya kerjasama yang baik dari perangkat desa. “Kami di Pemkab sangat mensupport pengembangan destinasi wisata di Desa Bakas ini, saya sudah melihat perencanaannya. Kerjasama yang baik antara Pemerintah daerah dengan Perangkat desa tentu terus dilakukan agar destinasi wisata ini bisa berkembang dengan sebaik-baiknya,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menambahkan semua potensi sumber daya manusia (SDM) di Desa Bakas, termasuk modal bisa dibuatkan konsorsium. Sehingga desa wisata ini bisa dimilki oleh Desa Bakas, antara lain melalui BUMDes, Pokdarwis atau mungkin bisa dimilki oleh semua warga yang memilki kemampuan finansial. “Terus semangat mengembangkan potensi desa wisata ini dengan bentuk konsep konsorsium. Sehingga desa wisata bisa dimilki oleh warga di sini,” harap Bupati asal Nusa Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini. *wan

Komentar