nusabali

Atalanta Ditahan Sassuolo, Inter Milan Resmi Scudetto

  • www.nusabali.com-atalanta-ditahan-sassuolo-inter-milan-resmi-scudetto

ATALANTA, NusaBali.com – Akhirnya Inter Milan secara resmi menjadi scudetto Serie A. Dengan menyisakan empat laga, Inter Milan sudah mengunci gelar juara setelah Atalanta diimbangi Sassuolo dengan skor 1-1 dalam laga pekan ke-34 Liga Italia, di Stadion Mapei, Reggio Emilia, Minggu (2/5/2021).

Inter Milan sendiri sehari sebelumnya memetik kemenangan 2-0 atas tim juru kunci tim juru kunci Crotone dengan skor 2-0 di Ezio Scida. Hasil itu membuat Crotone terdegradasi ke Serie B untuk musim depan, sebab dengan raihan 18 poin saat ini tim juru kunci tersebut paling banyak hanya bisa mengumpulkan 30 poin di sisa empat pertandingan, yang mana tidak cukup untuk keluar dari zona degradasi.

Keberhasilan Inter Milan musim ini di bawah asuhan pelatih Antonio Conte sekaligus mengakhiri dominasi Juventus yang sembilan musim mendominasi Serie A. Uniknya tiga scudetto Juventus (2012-2013, 2014) juga hasil persembahan Antonio Conte. 

Juventus kini secara optimal hanya meraih 81 poin atau satu poin lebih sedikit dari total raihan sementara Inter. Sementara itu Atalanta hanya bisa finish sebagai runner up . Dengan raihan 69 poin praktis mereka tidak akan bisa mengejar Inter Milan yang berjarak 13 poin jauhnya di sisa musim yang tinggal empat putaran pertandingan lagi.

Upaya Atalanta menjegal pesta juara Inter sudah menemui kesulitan saat pertandingan baru berjalan 22 menit dan kiper Pierluigi Gollini diganjar kartu merah oleh wasit Luca Pairetto, karena keluar dari sarangnya dan melanggar Jeremie Boga.

Kendati demikian, situasi 10 lawan 11 sempat mampu diatasi oleh Atalanta yang membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-32 melalui tembakan Robin Gosens dari sudut sempit. Keunggulan itu mampu dipertahankan oleh Atalanta hingga turun minum, di tengah kerja keras Sassuolo bangkit menyamakan keadaan. 

Lima menit memasuki babak kedua, tuan rumah memperoleh hadiah tendangan penalti selepas Rafael Toloi menjatuhkan Hamed Traore di dalam area terlarang. Kesempatan itu dioptimalkan oleh Domenico Berardi yang menjadi algojo, dan dengan dingin menaklukkan kiper pengganti Marco Sportiello demi membuat kedudukan imbang 1-1 pada menit ke-52.

Atalanta berusaha segera merestorasi keunggulan mereka, namun umpan terobosan Ruslan Malinovskiy yang diselesaikan Hans Hateboer masih bisa diamankan kiper Andrea Consigli. Pada menit ke-64, Manuel Locatelli melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Atalanta, tetapi perayaan itu diganggu oleh VAR yang menganulir gol tersebut karena menemukan Giacomo Raspadori terjebak offside dalam proses serangan.

Atalanta beroleh peluang emas untuk kembali memimpin pada menit ke-75, setelah Marlon Santos menjegal Luis Muriel di dalam kotak penalti. Namun, Muriel yang menjadi algojo mendapati eksekusi penaltinya diamankan oleh Consigli.

Anak-anak asuh Gian Piero Gasperini berjibaku untuk mencari gol lagi dalam situasi pertandingan yang menjadi 10 lawan 10, tetapi tembakan Marten de Roon dan sundulan Hateboer bisa digagalkan oleh Consigli demi memaksa skor imbang bertahan hingga peluit bubaran terdengar.

Bagi Sassuolo hasil itu membuat mereka terus memelihara asa menembus zona kualifikasi Eropa, kendati masih tertahan di urutan kedelapan dengan 53 poin. Pada pertandingan selanjutnya, kedua tim akan melakoni laga masing-masing pada Minggu (9/5/2021) pekan depan, saat Atalanta melawat ke markas Parma dan Sassuolo menyambangi kandang Genoa. *ant

Komentar