nusabali

Gabung Bayern, Julian Nagelsmann 'Pelatih Termahal'

  • www.nusabali.com-gabung-bayern-julian-nagelsmann-pelatih-termahal

MUNICH, NusaBali
Pelatih baru Bayern Muenchen Julian Nagelsmann (33 tahun) kini jadi pelatih termahal dalam sejarah olahraga.

Bayern harus menebus 25 juta euro (Rp 437,4 miliar) dari RB Leipzig dan menangani tim pada musim depan. Angka itu melampaui Andre Villas-Boas, yang menelan biaya 15 juta euro (Rp 262,4 miliar) saat direkrut Chelsea dari Porto pada 2011. Padahal, saat Nagelsmann dibeli RB Leipzig dari Hoffenheim pada 2019, banderolnya hanya 5 juta euro.

Lalu, siapa sebenarnya Nagelsmann? Dilaporkan MARCA, Rabu (28/4), pada usia 19 tahun, karier bermain Nagelsmann diakhiri dengan cedera lutut. Diagnosis saat itu, jika Nagelsmann terus bermain, dia akan membutuhkan lutut buatan pada saat berusia 40 tahun.

Pada tahun 2006, Nagelsmann bermain untuk Augsburg di mana Thomas Tuchel (kini pelatih Chelsea) sebagai pelatihnya. Setelah menderita cedera lutut, dia ditawari pekerjaan sebagai pemandu bakat klub ini.  Namun sejauh ini, Nagelsmann hanya memenangkan satu trofi dan itu datang di level junior, yakni Hoffenheim memenangkan Bundesliga U-19 pada pada muism 2013/2014.

Namun, keberhasilan inilah mendorong Hoffenheim mempromosikan  menjadi pelatih tim senior pada usia 28 tahun, yang menjadikannya pelatih termuda di Bundesliga. Nagelsmann mampu membawa Hoffenheim dari jurang degradasi ke tempat aman. *

Komentar