nusabali

60 Siswa Paket C Absen Ujian Sekolah

  • www.nusabali.com-60-siswa-paket-c-absen-ujian-sekolah

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 60 dari 388 siswa paket C atau setara SMA absen mengikuti ujian sekolah (US) yang berlangsung dari tanggal 19-22 April 2021.

Siswa absen karena berhenti belajar, memilih kerja, kawin, sakit, dan tanpa alasan. Setiap tahun banyak siswa tidak hadir dengan alasan yang kurang lebih sama. Padahal tinggal mengikuti ujian dan pasti dapat ijazah.

Kepala Bidang PAUD dan PNF (Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Nyoman Adil seizin Kadisdikpora I Gusti Ngurah Kartika mengungkapkan, siswa paling banyak absen dari PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Giri Mekar. Dari 35 siswa yang terdaftar, absen sebanyak 12 siswa dengan alasan kerja. Sedangkan di PKBM Widya Santhi Mandiri yang terdaftar 46 siswa, sebanyak 11 siswa tidak hadir tanpa keterangan. “Kami telah berupaya optimal agar siswa bisa ikut ujian sekolah, bahkan ada siswa yang dibawakan tes ke rumahnya,” ungkap Nyoman Adil, Kamis (29/4).

Pada tahun 2020, sebanyak 32 siswa tidak ikut ujian sekolah sehingga dinyatakan tidak lulus. Dari 334 siswa, hanya 302 siswa dinyatakan lulus. Disebutkan dari 13 PKBM yang ada di Karangasem, hanya dua PKBM yang seluruh siswanya ikut US yakni PKBM SKB Karangasem sebanyak 23 siswa dan PKBM Duda Utara di Kecamatan Selat sebanyak 12 siswa. Sedangkan 11 PKBM lainnya memiliki siswa absen. PKBM Ekotorin dari 40 siswa absen 2 siswa, PKB Giri Mekar dari 35 siswa absen 12 siswa, PKBM Pelita Aksara dari 16 siswa absen 2 siswa.

PKBM Batanghari dari 36 siswa absen 4 siswa, PKBM Ganesa dari 26 siswa absen 2 siswa, PKBM Murafium dari 23 siswa absen 1 siswa, PKBM Yowana Sastra dari 30 siswa absen 4 siswa, PKBM Mandiri Bina Cipta dari 15 siswa absen 5 siswa, PKBM Amerta Yulia Ganesa dari 47 siswa absen 4 siswa, PKBM Darma Sedana Santhi dari 27 siswa absen 1 siswa, dan PKBM Widya Santhi Mandiri dari 46 siswa absen 11 siswa.

Tutor PKBM Ekotorin di Banjar Jatituhu, Desa Ban, Kecamatan Kubu, I Made Suarjana mengakui dari 40 siswa kelas XII, sebanyak 2 siswa tidak ikut ujian sekolah. “Dua siswa itu berhenti, mereka memilih kerja di Denpasar,” jelas Made Suarjana. Sementara pengelola PKBM Amerta Yulia Ganesa I Wayan Mertayasa mengatakan, ada 4 siswa absen ikut US, namun telah melakukan ujian susulan. Tes dibawakan ke rumah 4 siswa sore itu juga sesuai jadwal. Empat siswanya absen karena kerja. Sehingga tutor melayani siswa ujian susulan dengan membawakan tes ke rumahnya masing-masing. *k16

Komentar