nusabali

Sepakat Kikis Sikap Pragmatisme saat Pemilu

Bawaslu Bali-Bupati Suwirta Kuatkan Demokrasi di Klungkung

  • www.nusabali.com-sepakat-kikis-sikap-pragmatisme-saat-pemilu

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung Nyoman Suwirta ingin mengikis politik pragmatis masyarakat Klungkung dalam setiap hajatan demokrasi.

Untuk itu, Bupati Suwirta siap menggandeng Bawaslu Provinsi Bali dan Bawaslu Kabupaten Klungkung untuk memberikan pendidikan politik ke masyarakat.


Hal tersebut diungkapkan Bupati Suwirta saat menerima audiensi Bawaslu Provinsi Bali dan Bawaslu Kabupaten Klungkung, di Kantor Bupati Klungkung, Kamis (29/4).

Bupati Suwirta menjelaskan, fenomena maboya dan pragmatis masyarakat dalam setiap hajatan demokrasi masih banyak terjadi. “Sikap acuh masyarakat dengan tidak peduli siapa pun yang terpilih, ini perlu digarap agar mereka punya kesadaran politik. Saya selaku pembina politik di daerah, tentu punya tanggung jawab untuk menyadarkan,” ujar bupati asal Kecamatan Nusa Penida ini.

Untuk itu, lanjut Bupati Suwirta, selain pemerintah, Bawaslu sebagai pengawal pesta demokrasi, sangat relevan bergandengan dengan pemerintah untuk melakukan berbagai sosialisasi ke masyarakat dalam rangka memberikan pendidikan politik. Harapannya, dengan pendidikan politik yang baik, partisipasi masyarakat akan meningkat. “Dengan pendidikan politik yang baik, masyarakat juga akan terhindar dari praktik-praktik tidak baik dalam setiap pesta demokrasi, dan sudah pasti partisipasi masyarakat akan meningkat,” kata Bupati Suwirta.

Sejalan dengan harapan Bupati Suwirta, Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ketut Ariyani siap bekerjasama dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Klungkung untuk membangun demokrasi di Gumi Serombotan ini.

Ariyani berharap Pemkab Klungkung bisa membantu Bawaslu untuk menghibahkan asetnya untuk dibangun Kantor Bawaslu Kabupaten Klungkung. “Tantangan Bawaslu menghadapi pesta demokrasi serentak tahun 2024 sangat besar. Tentu saja, untuk menunjang kinerja tersebut, dibutuhkan sarana prasarana yang memadai seperti memiliki gedung kantor yang representatif,” ucap mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Buleleng ini.

“Untuk hal tersebut, berkenan Bapak Bupati memfasilitasi berupa hibah tanah untuk membangun Kantor Bawaslu Klungkung,” imbuh Aryani.

Ketua Bawaslu Klungkung I Komang Hartawan mengatakan, antara Bawaslu Klungkung dengan Pemkab Klungkung sudah menandatangani MoU kerjasama tertanggal 16 November 2020. MoU tersebut berisi tentang pengembangan pengawasan partisipatif dalam rangka membangun demokrasi yang bermartabat di Kabupaten Klungkung.

“MoU ini ditandatangani saya selaku Ketua Bawaslu Klungkung dan Bapak Suwirta selaku Bupati Klungkung,” kata Hartawan yang juga seorang advokat.

Poin penting dalam MoU tersebut, lanjut Hartawan, Bawaslu Klungkung mempunyai tugas memberikan sosialisasi tentang pengawasan partisipatif dan memberikan pendampingan terhadap jalannya pemilihan dan pemilihan umum. “Sedangkan Pemkab Klungkung dalam MoU tersebut wajib melibatkan Bawaslu Klungkung dalam setiap kegiatan pendidikan politik kepada masyarakat,” tegas Hartawan. *nat

Komentar