nusabali

Disdikpora Petakan Zona Hijau di Lima Kecamatan

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Badung

  • www.nusabali.com-disdikpora-petakan-zona-hijau-di-lima-kecamatan

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung, memetakan zona hijau di lima kecamatan, selain wilayah Kecamatan Petang, seperti Kecamatan Abiansemal, Mengwi, Kuta Utara, Kuta, dan Kuta Selatan.

Hal ini sebagai persiapan dilaksanakannya pembelajaran tatap muka (PTM). Merujuk ketentuan dari pemerintah pusat, pada Juli 2021 seluruh zona hijau dan kuning yang ada di daerah sudah mulai bisa dilakukan uji coba PTM.

“Kami sedang melakukan pemetaan zona hijau, selain di Kecamatan Petang. Sesuai arahan Bapak Wakil, setelah Petang akan ada zona hijau lainnya untuk PTM,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdikpora Badung I Made Mandi, Kamis (29/4).

Mandi melanjutkan, sesuai arahan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri diharapkan pemerintah daerah segera melakukan PTM dengan catatan semua guru divaksin lengkap. Untuk itu, untuk PTM di luar Kecamatan Petang, zona wilayah dan kelengkapan vaksinasi para guru menjadi perhatian utama. Secara umum, kata Mandi, sekolah-sekolah di Badung, sudah siap melaksanakan PTM.

“Kemungkinan awal Juli 2021, sepenuhnya dilakukan PTM atau boleh juga sesuai saran Menteri, setelah divaksin dua kali dipersilakan pemerintah daerah memberikan pilihan pembelajaran, boleh PTM dan boleh juga daring sesuai persetujuan orang tua,” kata Mandi yang notabene Sekretaris Disdikpora Badung itu.

Untuk PTM di Kecamatan Petang, lanjut Mandi, akan diselanggarakan mulai Mei 2021. PTM di Kecamatan Petang akan dijadikan percontohan sekaligus akan mengoreksi kekurangan dan kelemahan selama proses PTM berlangsung.

“Untuk di Petang akan ditargetkan Mei 2021 mulai PTM. Terkait vaksinasi guru-guru sudah hampir rampung. Kami selalu berkoordinasi dengan puskesmas di Petang dan Camat Petang,” tandas Mandi.

Sebelumnya, Camat Petang I Wayan Darma, mengatakan hasil verifikasi dengan tim dari unsur kesehatan, yakni Puskemas Petang 1 dan Petang 2, serta pihak Kepolisian, Koramil, dan Satool PP, hingga saat ini kesiapan pelaksanaan PTM sudah mencapai 96 persen. Sekolah akan dipantau terus hingga 100 persen melaksanakan PTM.

Berkaitan dengan tenaga pendidikan guru dan pegawai, hampir semuanya sudah mendapatkan vaksin. Kalaupun ada beberapa yang tercecer akan dituntaskan vaksinasinya pada 3 Mei 2021. *ind

Komentar