nusabali

Waspadai Edin Dzeko

ManUnited vs AS Roma, Jumat Dinihari

  • www.nusabali.com-waspadai-edin-dzeko

Dzeko harus diberi perhatian ekstra jika MU ingin memenangkan leg pertama ini. Striker senior itu punya kemampuan yang komplet, sehingga dapat menghadirkan malapetaka jika MU lengah.

MANCHESTER, NusaBali

Manchester United (MU) harus mewaspadai duo mantannya dan Edin Dzeko saat menjamu AS Roma, pada laga leg pertama semifinal Liga Europa, di Old Trafford, Jumat (30/4) dinihari Wita.

Duo mantan MU di Serigala Roma itu, yakni Chris Smalling dan Henrikh Mkhitaryan.  Sedangkan Edin Dzeko, yang pernah membela Manchester City. Dzeko mencetak tujuh gol dalam sembilan penampilan kontra MU.

MU dan Roma berduel lagi setelah pertemuan terakhirnya di perempat final Liga Champions musim 2007/2008. Saat itu, MU mengalahkan Roma 2-0 pada leg pertama di Italia lewat gol-gol Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney. Lalu MU menyingkirkan Roma dengan agregat 3-0 usai menang 1-0 berkat gol tunggal Carlos Tevez pada leg kedua di Inggris.

MU maupun Roma sama-sama ingin memanfaatkan Liga Europa untuk meraih trofi musim ini. Demi menjaga peluang itu, mereka pasti sama-sama menginginkan hasil terbaik dalam duel leg pertama di Old Trafford nanti.

Bek MU Alex Telles meminta timnya mewaspadai sosok Dzeko. Dia menilai striker asal Bosnia itu bisa menjadi ancaman serius bagi timnya.

Apalagi AS Roma datang dengan skuat terbaiknya. Bahkan Dzeko yang jadi kapten diyakini akan memimpin lini serang Il Lupi.

Telles menyebut, Dzeko harus diberi perhatian ekstra jika MU ingin memenangkan leg pertama ini. Telles menyebut striker senior itu punya kemampuan yang komplet. Sehingga dapat menghadirkan malapetaka jika MU lengah.

"Dzeko penyerang yang sangat tajam. Dia tahu cara untuk mencetak gol. Kami akan menghadapi seorang striker yang memiliki kemampuan fisik yang luar biasa," kata Telles.

Menjalani laga semifinal Liga Europa, Edin Dzeko pun mengingat-ingat rasanya berlaga di derby Manchester. Bagi Dzeko, Setan Merah bukan lawan yang asing. Sebab di pernah membela City selama lima musim pada 2010-2015. Dzeko hengkang saat dipinjam Giallorossi, lalu dipermanenkan semusim sesudahnya.

Dzeko sudah sembilan kali berhadapan dengan MU. Hasilnya, ada 4 kemenangan dan 5 kekalahan. Dari sembilan laga dengan MU, dua di antaranya dijalani saat melawan Wolfsburg di Liga Champions. Di fase grup pada Liga Champions musim 2009/2010, dia membobol gawang MU kandang dan tandang. Tapi, Wolfsburg kalah 2-1 dan 3-1.

"Saya belum kembali ke Manchester sejak saya meninggalkan City enam tahun lalu. Ini jadi laga spesial untuk saya, karena itu merupakan derby beberapa tahun lalu," kata Dzeko di Football Italia. Kali ini MU mengusung misi untuk menghapuskan kutukan semi final. Setan Merah selalu kalah di empat semi final terakhir yang mereka ikuti. *

Komentar