nusabali

Covid-19 Tak Surut, DBD Awal 2021 Menurun

  • www.nusabali.com-covid-19-tak-surut-dbd-awal-2021-menurun

TABANAN, NusaBali
Kasus deman berdarah dengue (DBD) awal tahun 2021 di Tabanan menurun drastis, dibandingkan awal tahun 2020.

Jajaran Dinas Kesehatan Tabanan mengklaim kasus demam berdarah menurun karena dampak penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 secara ketat.

‘’Prokes ini berpengaruh terhadap pencegahan DBD di Tabanan,’’ ujar Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr Nyoman Suratmika, Rabu (28/4).

Dia menyampaikan, data Dinas Kesehatan Tabanan, kasus DBD pada Januari 2020 terdapat 18 kasus, Februari 56 kasus dan Maret 84 kasus. Sementara data kasus DBD tahun 2021 yakni Januari 0 kasus, Februari 2 kasus, dan Maret 8 kasus.

dr Suratmika mengatakan, penurunan kasus DBD ini berdampak pada penerapan prokes Covid-19 yang dilakukan masyarakat secara ketat.

Secara tidak langsung kebiasaan tersebut juga menghindari masyarakat dari penyakit yang dikarenakan virus lainnya. Salah satunya DBD," ujarnya,

Kata dia, DBD merupakan penyakit karena virus yang sebenarnya bisa sembuh sendiri jika daya tahan tubuh sedang bagus. "Saat ini masyarakat lebih menjaga kondisi tubuhnya untuk terhindari dari Covid-19. Sehingga rata-rata daya tahan tubuhnya bagus. Hal ini menjadi tameng dari penyakit akibat virus lainnya," katanya.

Namun demikian, dengan penurunan kasus DBD pada awal tahun, bukan berarti masyarakat boleh lengah. Faktor penyebab DBD juga karena cuaca. Untuk itu memasuki musim hujan masyarakat tetap menerapkan PSN (pemberantasan sarang nyamuk).

"Kalau musim hujan kasus demam berdarah cenderung meningkatkan karena perkembangan faktor nyamuk Aedes aegipty. Kami imbau masyarakat tetap rajin terapkan PSN," pintanya.  *des

Komentar