nusabali

Badung Targetkan PTM Mei 2021

  • www.nusabali.com-badung-targetkan-ptm-mei-2021

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Badung, menargetkan pembelajaran tatap muka (PTM) yang akan dilaksanakan di Kecamatan Petang, dimulai pada Mei 2021.

Segala persiapan, termasuk vaksinasi guru-guru terus dimatangkan. Hal tersebut terungkap dalam Rapat Satgas Covid-19, perihal kesiapan PTM di Kecamatan Petang, yang dipimpin oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa di Ruang Pertemuan Rumah Jabatan Wakil Bupati Badung, Selasa (27/4).

“Jadi bulan Mei 2021, di Kecamatan Petang akan kami tergetkan lakukan pembelajaran tatap muka. Kecamatan Petang akan kami jadikan percontohan sekaligus sebagai bahan evaluasi. Apa saja kekurangan dan kelemahannya, termasuk kecenderungan perilaku masyarakat agar tidak terjadi klaster baru,” ujar Wabup Suiasa.

Dalam rapat yang juga dihadiri Asisten Administrasi Umum Cok Raka Darmawan, Kepala BPBD Kabupaten Badung Bagus Nyoman Wiranata, Camat se-Kabupaten Badung dan OPD terkait lainnya, Wabup Suiasa menyebut, dijadikannya percontohan PTM di Kecamatan Petang, karena penduduknya tidak terlalu tinggi serta resikonya kecil. Rencananya, PTM di Petang dibuka setelah vaksin kedua selesai, April 2021 ini.

“Skenario kami, opsi satu tetap Petang akan kami buka setelah vaksin kedua selesai, April 2021 ini. Diperkirakan Mei 2021 sudah terbentuk imun. Sambil kami evaluasi. Kemudian kami rencanakan juga tatap muka bisa dilaksanakan di Kabupaten Badung secara bertahap,” terang Wabup Suiasa seraya menambahkan pada Juli 2021 seluruh zona hijau dan kuning sudah mulai tatap muka.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Badung I Made Mandi, mengatakan sesuai petunjuk dalam SKB 4 Menteri, diharapkan pemerintah daerah segera melakukan PTM. Namun, dengan catatan semua guru divaksin dosis pertama dan kedua. Terkait kesiapan PTM di Kabupaten Badung, kata Mandi, secara materi di lapangan dikatakan sudah siap.

“Kemungkinan awal Juli 2021, sepenuhnya dilakukan PTM. Namun, pemerintah daerah dipersilakan memberikan pilihan pembelajaran, boleh PTM dan boleh juga daring sesuai persetujuan orang tua,” jelas Mandi.

Sementara, Camat Petang I Wayan Darma, mengatakan hasil verifikasi dengan tim dari unsur kesehatan, yakni Puskemas Petang 1 dan Petang 2, serta pihak Kepolisian, Koramil, dan Satool PP, hingga saat ini kesiapan pelaksanaan PTM sudah mencapai 96 persen. Sekolah akan dipantau terus hingga 100 persen melaksanakan PTM.

Berkaitan dengan tenaga pendidikan guru dan pegawai, hampir semuanya sudah mendapatkan vaksin. Kalaupun ada beberapa yang tercecer akan dituntaskan vaksinasinya pada 3 Mei 2021. *ind

Komentar