nusabali

Antisipasi Virus AI, Unggas di Pasar Kumbasari Diawasi

  • www.nusabali.com-antisipasi-virus-ai-unggas-di-pasar-kumbasari-diawasi

DENPASAR, NusaBali
Dinas Pertanian Kota Denpasar melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan menggelar pengecekan, monitoring serta surveilans unggas di Pasar Kumbasari, Denpasar, Selasa (27/4).

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan upaya untuk memastikan kesehatan unggas agar tidak tertular Virus Avian Influenza (AI).

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Distan Kota Denpasar, I Made Ngurah Sugiri menjelaskan Dinas Pertanian Kota Denpasar berkomitmen untuk memastikan kesehatan unggas yang diperjualbelikan di Kota Denpasar sehat dan layak konsumsi. Karenanya, monitoring dan surveilans unggas dilaksanakan secara rutin. “Jadi kegiatan kali ini dilaksanakan untuk memastikan kesehatan unggas, utamanya agar  terhindar dari Virus Avian Influenza (AI),” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pengecekan dengan mengambil swab anus dan tenggorokan unggas ini merupakan kerjasama Distan Kota Denpasar dengan Balai Besar Veteriner Bali. Sehingga diharapkan pengecekan rutin dilaksanakan secara berkelanjutan untuk memastikan kesehatan hewan di pasar rakyat.

Sugiri juga mengimbau kepada masyarakat untuk selektif serta senantiasa memperhatikan kesehatan hewan. Hal ini juga berlaku bagi pedagang unggas yang meliputi ayam, bebek dan burung. “Pelaksanaan kegiatan ini selain untuk mendeteksi keberadaan virus AI juga mengedukasi pedagang untuk selalu menerapkan biosecurity yang ketat terhadap kandang dan tempat pengangkut ayam, sehingga seluruh unggas yang diperjualbelikan terjamin kesehatannya,” kata Sugiri. *mis

Komentar