nusabali

Lomba Daring Hardiknas Sepi Peminat

  • www.nusabali.com-lomba-daring-hardiknas-sepi-peminat

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pendidikan Kepemudaan Olahraga (Disdikpora) Karangasem menggelar lomba daring untuk memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei.

Hanya saja lomba daring ini sepi peminat. Salah satunya, panitia baru menerima 4 video peserta lomba pencak silat kategori seni untuk tingkat SMP. Panitia berharap ada perwakilan dari setiap kecamatan sehingga setiap kategori lomba, minimal ada 8 video.

Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Karangasem yang juga Ketua Panitia I Wayan Putu Susila seizin Kadisdikpora I Gusti Ngurah Kartika mengungkapkan, peserta lomba wajib mengirim video via email. Lomba daring ini untuk PAUD, SD, SMP, dan SMA. Video dikirim dari tanggal 19-27 April, penilaian 28-29 April, pengumuman pemenang 30 April, dan penyerahan hadiah 3 Mei 2021. Wayan Putu Susila mengatakan, panitia baru menerima 4 video seni pencak silat perorangan. Batas akhir pengiriman video, Selasa (27/4). “Kami harapkan minimal ada 8 video dari delapan kecamatan,” ungkap Wayan Putu Susila, Senin (26/4).

Lomba tingkat PAUD dan PNF yakni lomba menyanyi lagu Bali. Panitia telah menerima 10 video peserta. Tingkat SD lomba macepat sebanyak 6 video dan tingkat SMP lomba pidarta bahasa Bali sebanyak 9 video dan tingkat SMA sebanyak 3 video. “Kepastiannya jumlah peserta pada Selasa (hari ini),” ungkapnya. Wayan Putu Susila mengaku telah sosialisasikan syarat-syarat lomba, termasuk penilaiannya. Penilaian lomba menyanyi lagu Bali yakni penampilan, intonasi, dan ekspresi.

Penilaian macepat tingkat SD dengan menyanyikan satu Pupuh Durma Dasar sesuai tema. Kriteria penilaian untuk pembaca yakni tikas (penampilan), suara, wewiletan, guru ding-dong, onek-onekan, dan raras. Sedangkan penilaian untuk pengartos yakni tikas, teges, anggah ungguh basa, kelengutan basa, dan raras. "Kami berharap ada peserta dari tiap kecamatan, sehingga minimal di setiap nomor ada 8 video,” harap Wayan Putu Susila. *k16

Komentar