nusabali

13.438 Warga Tabanan Sudah Divaksinasi Covid-19

  • www.nusabali.com-13438-warga-tabanan-sudah-divaksinasi-covid-19

TABANAN, NusaBali
Proses vaksinasi Covid-19 di Tabanan sudah mulai menyasar guru. Per 23 April 2021, masyarakat Tabanan yang sudah tuntas divaksinasi tahap I dan II mencapai 13.438 orang.

Kendala pelaksanaan vaksinasi masih pada didistribusi vaksin yang terbatas. Oleh karena itu, untuk menyasar target 85.755 warga Tabanan, tentu masih jauh. Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan per 23 April 2021, vaksinasi tahap I bagi masyarakat Tabanan berjumlah 45.764 orang dan vaksin tahap II baru 13.438 orang. Untuk bisa menuntaskan vaksinasi tahap II pada masyarakat yang baru divaksin tahap I, diperlukan vaksin 32.326 dosis. Sedangkan sisa vaksin untuk di Tabanan sekarang berjumlah 12.298 dosis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan dr Nyoman Suratmika menjelaskan, proses vaksinasi di Tabanan terus berjalan. Selain menyasar pelayanan publik dan lansia, proses vaksinasi Covid-19 di Tabanan sudah menyasar guru. "Pelaksanaan vaksinasi libur saat Hari Raya Kuningan. Usai itu langsung dilakukan vaksinasi lanjutan di 29 pelayanan vaksinasi," jelasnya, Senin (26/4).

Menurut dr Suratmika, pelaksanaan vaksinasi di Tabanan sudah mulai menyasar guru. Vaksinasi untuk guru sudah dilakukan sejak minggu lalu. Khusus guru SD di Desa Dajan Peken, Desa Delod Peken, dan Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, mengikuti pelayanan vaksinasi di rumah sakit swasta.

Hal tersebut juga berlaku bagi guru SD dan SMP di Kecamatan Kediri yang masuk pelayanan Puskesmas Kediri I. Mereka dilayani pelaksanaan vaksin di UPTD RS Nyitdah. Sisanya akan dilayani di masing-masing puskesmas. "Skema tersebut diterapkan di Kecamatan Kediri dan Tabanan. Karena data guru di dua lokasi tersebut banyak sehingga pelaksanaan vaksinasi diperbantukan," tegasnya.

Sesuai data yang diterima dari Dinas Pendidikan Tabanan, target vaksinasi guru SD dan SMP di Tabanan berjumlah 5.000 guru lebih. Jika vaksin selalu tersedia, untuk target tersebut bisa saja dituntaskan dalam jangka waktu dua hari di 29 pelayanan vaksinasi. Namun kembali lagi, distribusi vaksin untuk sekarang masih terbatas. "Target guru yang divaksin 5.000 lebih, kita akan lakukan bertahap vaksinasi untuk mereka sesuai dengan ketersediaan vaksin," tegas dr Suratmika.

Dia menambahkan per 23 April 2021, total masyarakat Tabanan yang sudah ter vaksin tuntas berjumlah 13.348 orang dari yang yang ditarget 85.755 orang. "Yang sudah tervaksin tuntas sebanyak 13.348 orang, sisanya kita lakukan bertahap sesuai dengan ketersediaan vaksinasi," katanya.

Proses vaksinasi masyarakat di tiga kawasan yang diproyeksi zona hijau yakni Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti dan Desa Beraban, Kecamatan Kediri untuk tahap I sudah tuntas.

Namun dalam pelaksanaan vaksinasi, masih saja ada yang tertunda karena sejumlah faktor. Mulai dari takut divaksin hingga memiliki penyakit komorbid. "Yang tertunda vaksinasi kami dari Dinas Kesehatan terus akan berkoordinasi dengan puskesmas yang melayani," tandasnya. *des

Komentar