nusabali

Dimulai, Gelombang Kedua UTBK SBMPTN di ISI Denpasar

Empat Lab Komputer dengan Prokes Covid-19 Siap

  • www.nusabali.com-dimulai-gelombang-kedua-utbk-sbmptn-di-isi-denpasar

DENPASAR, NusaBali
Pelaksanaan gelombang pertama Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar telah berjalan lancar. Kemudian pada, Senin (26/4) dimulai gelombang kedua.

Kesiapan Laboratorium Komputer, jaringan internet, dan juga pelatihan pengawas dan penanggungjawab ruang ujian telah dilaksanakan. Secara keseluruhan persiapan UTBK SBMPTN gelombang pertama di ISI Denpasar telah berjalan lancar, kini mulai gelombang kedua.

Ujian berbasis komputer ini terdiri dari tiga kelompok jenis ujian, yakni sosial humaniora, sainsteknologi, dan campuran sosio-humaniora dan sainsteknologi. Seluruh peserta UTBK SBMPTN di ISI Denpasar dalam dua gelombang pelaksanaan berjumlah 2251 orang, rincian terdiri dari Sains dan Teknologi sebanyak 877, Sosial Humaniora 1313, dan campuran sebanyak 61 orang. Pelaksanaan gelombang pertama, telah berjalan lancar, sejak 12, 16, 17, dan 18 April 2021.

Rektor ISI Denpasar, Prof Wayan Kun Adnyana mengatakan sebagaimana pada gelombang pertama, keseluruhan persiapan, baik perangkat komputer, jaringan internet, jaringan listrik, sterilisasi ruang dan alat, juga kesiapan tenaga pengawas dan penanggungjawab ruang telah dilakukan dengan baik dan sudah pada posisi siap.

“Penataan empat laboratorium komputer (Lab Komputer Institut, Lab Komputer Pusat Bahasa, Lab Komputer Desain Interior, dan Lab Komputer Desain Komunikasi Visual) diatur berdasar standar jarak dan daya tampung yang sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Sebelum UTBK SBMPTN Gelombang Pertama, uji coba telah dilaksanakan pada Maret 2021, sementara pelatihan pengawas ujian dilaksanakan, Rabu (7/4), termasuk setiap anggota pengawas telah menyampaikan fakta integritas secara tertulis.  Laboratorium bahasa sebanyak,” jelas Guru Besar Sejarah Seni ini.    

UTBK SBMPTN Gelombang Kedua di ISI Denpasar dilaksanakan selama tujuh hari, yaitu tanggal 26 sampai 30 April, dan 1-2 Mei 2021. Ketua Panitia Pelaksana yang juga Wakil Rektor Bidang Akademi, Kemahasiswaan, dan Alumni ISI Denpasar, Dr Agung Rai Remawa menjelaskan, bahwa keseluruhan persiapan telah berjalan baik, termasuk pada Minggu (25/4) telah dilakukan sterilisasi ruangan dan peralatan termasuk penyemprotan ruang tunggu.

“Seperti pada gelombang pertama, UTBK SBMPTN gelombang kedua telah dilakukan persiapan sesuai SOP Protokol Kesehatan yang ditetapkan Panitia Pusat. Letak laboratorium komputer yang dipakai berbeda gedung, sehingga peserta lebih leluasa dan tidak berkerumun. Secara keseluruhan baik kesiapan peralatan dan Tim sudah sangat prima, harapannya Gelombang Kedua dapat berjalan lancar sesuai rencana,” terang mantan Ketua Prodi S2 Desain ini.

ISI Denpasar untuk kedua kali dipercaya sebagai salah satu penyelenggara UTBK SBMPTN, bersama Universitas Udayana, dan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Kepercayaan sebagai penyelenggara ini, benar-benar diaktualisasikan dengan pelayanan yang prima terhadap peserta. “Kami bersama Tim Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dan juga akademik selalu bersinergi untuk melakukan segala persiapan lapangan, baik terkait kondisi komputer, jaringan internet, listrik, dan lain-lain, untuk memastikan kelancaran UTBK SBMPTN ini,” tambah Rai Remawa. *

Komentar