nusabali

Peringati Hari Bumi, Trash Hero Bersih-Bersih Pantai Mertasari

  • www.nusabali.com-peringati-hari-bumi-trash-hero-bersih-bersih-pantai-mertasari

DENPASAR, NusaBali.com –Hari Bumi pada 22 April dirayakan komunitas Trash Hero dengan bersih-bersih Pantai Pantai Mertasari Sanur, Denpasar, pada Sabtu (24/4/2021) sore.

“Beach clean-up yang dirangkai dengan nonton film bertema lingkungan My Octopus Teacher ini bekerja sama dengan Genius Café,” terang Devi, Koordinator Trash Hero chapter Sanur.

Trash Hero chapter Sanur didirikan oleh Julia pada tahun 2015 yang kini mengembangkan di Nusa Penida, tempat tinggalnya yang baru.

“Sebelum pandemi ini dulu malah lebih banya dari ekspatriat. Terkadang inilah yang membuat volunteer berkurang tetapi chapter bertambah. Tetapi inilah keunikannya dan sekarang banyak orang lokal yang bergabung,” kata relawan yang bergabung sejak dua tahun silam ini.


Relawan Trash Hero chapter Sanur sendiri memiliki latar belakang yang beragam. Mulai dari mahasiswa, pekerja, hingga ibu rumah tangga.  Adapun untuk menambah relawan dilakukan lewat sosial media, kerjasama dengan tempat tertentu, serta kampus-kampus. “Kalau nambah volunteer kan beach clean-up jadi semakin seru,” jelas Devi.

Pada kegiatan kali ini diikuti oleh delapan volunteer Trash Hero chapter Sanur serta pengunjung Genius café maupun warga lokal yang datang di Pantai Mertasari. Kegiatan bersih-bersih pantai Mertasari ini menghasilkan 6 karung sampah plastik yang berhasil dibersihkan.

Para volunteer dan peserta yang mengikuti acara juga mengambil kesempatan ini untuk merefleksikan diri dan meningkatkan kesadaran mereka untuk lebih peduli akan lingkungan. “Kita punya tanggung jawab untuk menjaga lingkungan karena kita masih ada juga karena lingkungan kita, jadi perlu untuk give back ke alam,” kata Dominique, salah seorang volunteer. 

Komentar