nusabali

IKB Ombay Bali Kirim Bantuan ke Alor

  • www.nusabali.com-ikb-ombay-bali-kirim-bantuan-ke-alor

DENPASAR, NusaBali
Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu wilayah terparah bencana alam siklon tropius Seroja. Ikatan Keluarga Besar (IKB) Ombay Daerah Bali sebagai paguyuban bagi warga asal Alor yang kini tinggal di Bali tak tinggal diam.

Mereka berupaya mengumpulkan bantuan untuk meringankan beban korban badai Seroja yang mengalami kesusahan di tanah kelahiran. Dalam dua minggu, terkumpul ratusa dus bantuan dari anggota paguyuban. Mulai pakaian layal pakai, berbagai bahan makanan instan, obat-obatan, hingga uang tunai. "Ini adalah swadaya kami, tidak menggandeng sponsor dalam aksi peduli ini," kata sesepuh IKB Ombay Bali, IT Omalor ditemui Sabtu (24/4).

Sejumlah tumpukan dus sudah terkumpul dan siap dikirim ke Alor yang rencananya dilakukan pada Senin (26/4) menggunakan KM Awu. "Kami mengirim bantuan ini dengan KM Awu agar bisa langsung tiba di Alor sehingga bantuan tepat sasaran," kata Omalor didampingi Ketua Panitia, Adjie Djaja.

Menurutnya, bisa saja bantuan ini dikirim dengan transportasi lain. Namun, harus menuju ke daerah lain dulu. "Malah dua kali kerja. Jadi biar ada kepastian, bantuan ini kami kirim dengan KM Awu diantar oleh dua orang dari IKB Ombay Bali," tambah Omalor yang juga merupakan salah satu pendiri IKB Ombay Bali pada 10 Februari 1974 lalu.

Mengenai teknis pembagian bantuan, dia mengatakan, IKB Ombay Daerah Bali mempercayakan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Alor. "Nanti bantuan akan diserahkan ke BPBD Alor, selanjutnya mereka yang akan menyalurkan," katanya.

Lebih lanjut, Omalor mengatakan, beberapa hari setelah terjadinya bencana, pihaknya sudah menyalurkan bantuan tahap awal berupa uang tunai sekitar Rp 6 juta untuk keperluan mendesak. "Ini bentuk kepedulian kami kepada keluarga yang tengah ditimpa bencana," katanya. *rez

Komentar