nusabali

Tari Maskot Pucuk Bang Tampil Perdana saat HUT ke 817 Kota Bangli

  • www.nusabali.com-tari-maskot-pucuk-bang-tampil-perdana-saat-hut-ke-817-kota-bangli

BANGLI, NusaBali
Tari maskot Pucuk Bang akan tampil perdana saat perayaan HUT ke 817 Kota Bangli. Pentas perdana tari maskot Pucuk Bang direncanakan di halaman kantor Bupati Bangli, Senin (10/5) mendatang.

Bukan digelar di lapangan Kapten Mudita karena khawatir akan mengundang keramaian. Saat ini, tari maskot Pucuk Bang sedang dalam proses penggarapan. Lagu maskot Pucuk Bang telah rampung, tinggal penggrapan video klip.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, tari maskot Pucuk Bang sedang dalam proses penggarapan. Tari Pucuk Bang sebagai maskot Kabupaten Bangli digarap oleh I Ketut Garwa, putra Bangli yang kini dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. Latihan dilaksanakan di Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli di bawah arahan seniman asal Desa Sulahan, Dewa Nyoman Sedana Arta. Latihan tabuh pengiring Tari Pucuk Bang dilaksanakan di Puri Agung Bangli. Tari dan tabuh maskot pucuk Bang melibatkan remaja dari berbagai Banjar di Bangli

Bupati Sedana Arta menambahkan, lagu maskot Pucuk Bang telah rampung, tinggal penggarapan video klip. Bupati rencanakan menggelar lomba untuk mengenalkan lagu maskot Pucuk Bang. “Tahap awal lomba melibatkan perwakilan dari masing-masing kecamatan. Jika kondisi memungkinkan tahun depan peserta melibatkan perwakilan desa atau banjar,” ungkap Bupati Sedana Arta, Minggu (25/4). Sebelumnya, pucuk bang ditetapkan sebagai maskot Kabupaten Bangli setelah melalui pembahasan dalam pertemuan Bupati Sedana Arta bersama Paruman Sulinggih Kabupaten Bangli, PHDI Bangli, Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Bangli, KMHDI, Peradah, Pengurus Paiketen Pinandita se-Bangli, panglingsir puri, dan kalangan tokoh adat di Kantor Bupati Bangli, 12 Maret 2021 lalu.

Kemudian, deklarasi penetapan pucuk bang sebagai maskot Kabupaten Bangli dilakukan saat persembahyangan Upacara Tawur Agung Kasanga di Catus Pata Bangli pada Tilem Kasanga, bertepatan Pangrupukan Nyepi Tahun Baru Saka 1943, Sabtu, 13 Maret 2021. Pucuk bang dipilih sebagai maskot, karena sudah sangat melekat dengan masyarakat Bangli. Bang berarti merah, simbol Dewa Brahma yang artinya pencipta. Merah juga berarti semangat dan berani di atas kebenaran. Karena itu, Bupati Sedana Arta ingin kembali menciptakan dan membangkitkan semangat mewujudkan taksu Bangli pada era baru dan Sad Kerthi Loka Bali di Bangli. Jauh sebelumnya, pucuk bang sudah pernah ditetapkan menjadi maskot Kabupaten Bangli saat pemerintahan Bupati Ida Bagus Gede Agung Ladip (1990-1995, 1995-2000). Pucuk bang saat itu dideklarasikan sebagai maskot Kabupaten Bangli saat perayaan HUT ke-771 Kota Bangli, 10 Mei 1991. *esa

Komentar