nusabali

Disdikpora Karangasem Rekrut 21 Calon Paskibraka

  • www.nusabali.com-disdikpora-karangasem-rekrut-21-calon-paskibraka

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem merekrut 21 calon Paskibraka tahun 2021.

Sebanyak 2 orang dikirim untuk seleksi calon Paskirabraka Provinsi Bali. Keduanya yakni I Komang Adhi Aryawiguna siswa SMAN 1 Amlapura dan siswi SMAN 2 Amlapura Ni Putu Ayu Sekar Tresna. Sebanyak 19 orang lainnya calon Paskibraka Kabupaten Karangasem. Seleksi calon paskirabaka digelar di Stadion Gunung Agung Amlapura, 20-21 April 2021.

Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem I Gusti Ngurah Kartika didampingi Kabid Pemuda dan Olahraga I Wayan Putu Susila mengatakan Komang Adhi Aryawiguna dan Ayu Sekar Tresna ditetapkan berdasarkan SK Disdikpora Nomor 427/0936/KPO/Disdikpora per 21 April 2021. Kadisdikpora I Gusti Ngurah Kartika juga menetapkan 19 anggota Paskibraka yang lolos hasil seleksi untuk bertugas di HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Lapangan Tanah Aron Amlapura. “Seleksi tahun ini berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebelumnya merekrut 67 siswa, tahun ini jumlahnya terbatas,” jelas I Gusti Ngurah Kartika, Kamis (22/4).

Selama seleksi hanya melibatkan SMA dan SMK se-Kecamatan Karangasem. Beda dengan tahun-tahun sebelumnya melibatkan seluruh SMA dan SMK serta MAN se-Karangasem. Selama seleksi hanya diikuti 5 sekolah. Sebanyak 19 siswa yang lolos masing-masing 13 putra dan 6 putri. Siswa yang lolos dari SMAN 2 Amlapura sebanyak 9 siswa, SMAN 1 Amlapura sebanyak 6 siswa, SMA PGRI Amlapura sebanyak 2 siswa, SMKN Amlapura sebanyak 1 siswa, dan SMAN 3 Amlapura sebanyak 1 siswa.

Penetapan hasil seleksi berdasarkan penilaian Ketua Panitia I Wayan Putu Susila dibantu I Wayan Jaya Antara, I Wayan Sueca, I Putu Pasek Jaya, I Ketut Ngenteg, I Dewa Made Suparta, dan I Ketut Catur Tirtha. Kabid Pemuda dan Olahraga yang juga Ketut Panitia I Wayan Putu Susila mengatakan, mengingat keterbatasan anggaran dan situasi masih pandemi Covid-19 sehingga seleksi Paskibraka tahun 2021 hanya merekrut 21 orang. Masing-masing 2 orang untuk dikirim ke provinsi dan sisanya 19 orang untuk di Karangasem. “Jumlah siswa yang direkrut berkurang dan sekolah yang diundang juga terbatas. Mudah-mudahan tahun depan situasi kembali normal agar bisa merekrut anggota Paskibraka lebih banyak lagi,” kata Wayan Putu Susila. Latihan direncanakan dua minggu jelang puncak HUT Kemerdekaan RI. *k16

Komentar