nusabali

Lima SMP Tetap Belajar Daring

  • www.nusabali.com-lima-smp-tetap-belajar-daring

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem menggelar sosialisasi pembelajaran tatap muka (PTM) di Aula SMPN 2 Amlapura, Jalan Sudirman Amlapura, Kamis (22/4).

Sosialisasi diikuti 51 Kasek SMP se-Kabupaten Karangasem. Dari 51 SMP se-Kabupaten Karangasem, hanya lima SMP tetap belajar dalam jaringan (daring). Sebab kelima SMP itu ada di zona merah dan zona oranye.

Kabid SMP Disdikpora Karangasem I Gusti Ngurah Artha Wijaya didampingi Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMP Karangasem menyebutkan, sebanyak 46 sekolah siap menggelar PTM. Sekolah ini lolos verifikasi karena telah memiliki fasilitas untuk melaksanakan protokol kesehatan. Ada tempat cuci tangan, alat semprot disinfektan, bangku belajar telah diatur, dan jadwal telah disusun dibagi beberapa shift.

Lma sekolah yang tetap menjalankan belajar secara daring yakni SMPN 2 Amlapura, SMPN 4 Amlapura, SMPN 5 Amlapura, SMP Muhammadiyah Amlapura, dan MTS Negeri Amlapura. Kelima sekolah itu berada di zona merah dan zona oranye. Terutama SMPN 2 Amlapura, MTS Negeri Amlapura dan SMP Muhammadiyah Amlapura di Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem yang wilayahnya masih status zona merah. “Mengingat ketentuannya seperti itu, agar ditaati aturannya,” pinta Gusti Ngurah Artha Wijaya.

Ketua MKKS SMP yang juga Kasek SMPN 2 Amlapura, I Wayan Gede Suastika membenarkan, ada lima sekolah yang masih tetap menjalankan belajar daring. “Desakan orangtua siswa agar belajar tatap muka, sementara ketentuan belum memungkinkan. Kami tidak mungkin dipaksa untuk melanggar aturan yang berlaku,” ungkap Wayan Gede Suastika yang mantan Kasek SMPN 4 Amlapura.

Padahal di SMPN 2 Amlapura telah mengatur jadwal, atur bangku, sediakan fasilitas protokol kesehatan, namun SMPN 2 Amlapura ada di zona merah, masuk Kelurahan Subagan. Sedangkan Kasek SMPN 4 Amlapura I Wayan Rangki mengatakan sekolah yang dipimpinnya masuk zona oranye. Begitu juga menurut Kasek SMPN 5 Amlapura Ni Nengah Santika Dewi, tetap mengikuti ketentuan yang berlaku, melaksanakan pembelajaran daring.

Kasek SMPN 3 Selat I Komang Sudarsana mengatakan, walau lokasi sekolahnya di Desa Duda Utara, masuk zona hijau, tidak sepenuhnya mampu menggelar PTM. “Sebagian belajar PTM dan yang dapat giliran tidak ke sekolah, belajar daring,” kata Komang Sudarsana.  *k16

Komentar