nusabali

SMA di Karangasem Siap Gelar AN Mandiri

  • www.nusabali.com-sma-di-karangasem-siap-gelar-an-mandiri

AMLAPURA, NusaBali
Para Kasek SMA di Karangasem menyatakan siap menggelar assessment nasional (AN) mandiri.

SMA di Karangasem telah punya komputer mencukupi didukung akses internet. Kesiapan mengikuti AN mandiri karena pengelola SMA sudah terbiasa menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK). AN mandiri meliputi survei literasi, survei karakter, numerasi, survei lingkungan belajar, dan lainnya.

Kasek SMAN Rendang I Putu Sudibawa mengungkapkan, sebanyak 45 siswa kelas XI nantinya ikut AN sesuai rekomendasi dapodik (data pokok pendidikan) pusat. Hasil akhir AN bertujuan untuk mengetahui pemetaan kualitas pendidikan. “Sekolah tugasnya hanya menyediakan fasilitas komputer dan akses internet,” ungkap Putu Sudibawa, Rabu (21/4).

Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana juga siap mengikuti AN yang jadwalnya dari tanggal 13-16 September. Tes hari pertama menyangkut literasi selama 90 menit dan survei karakter selama 30 menit. Hari kedua tes numerasi selama 90 menit dan survei lingkungan belajar selama 30 menit. “Kami secara teknis telah siap, telah didukung fasilitas komputer, akses internet, dan fasilitas lainnya. Tinggal sosialisasi kepada siswa kelas XI,” ungkap Ketut Marta Ariana.

Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMA Negeri Karangasem yang juga Kasek SMAN 2 Amlapura Wayan Sugiana juga menyatakan kesiapannya. “Saya rasa semua SMA negeri dan SMA swasta sudah siap mengikuti AN karena telah didukung fasilitas, tinggal sosialisasi kepada siswa kelas XI,” jelas Wayan Sugiana. Pentingnya semua siswa kelas XI memahami teknis jelang pelaksanaan AN, mengingat dapodik memilih 45 siswa kelas XI, sedangkan pihak sekolah tidak mengetahui identitas siswa yang akan dipilih.

Kasek SMAN Kubu I Ketut Suba, Kasek SMA PGRI I Ketut Jelantik dan Kasek SMK Widya Wisata Graha Amlapura Ni Nyoman Supadmi juga mengatakan demikian. “Kami sudah siap laksanakan AN mandiri,” jelas Kasek SMAN Kubu I Ketut Suba. Menurut Ketut Suba, AN hanya mengukur kualitas pedidikan di sekolah melalui survei, hasilnya tidak mempengaruhi kenaikan kelas atau kelulusan. Kasek SMK WWG Nyoman Supadmi mengaku telah sosialisasikan rencana AN tersebut. “Siswa kelas XI sudah tahu akan ada AN, tinggal menggelar ujicoba,” jelas Nyoman Supadmi. *k16

Komentar