nusabali

Bangli Siapkan PHR Online

  • www.nusabali.com-bangli-siapkan-phr-online

BANGLI, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Bangli akan menyiapkan pungutan pajak hotel dan restoran dengan sistem online.

Pelaksanaan PHR diawali dengan pemasangan poin off sale (POS). Kadis Komunikasi Informasi dan Persandian Bangli, I Wayan Dirgayusa mengatakan, pelaksanaan PHR online sebagai upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan mengoptimalkan potensi pajak.

Wayan Dirgayusa mengungkapkan, perlu sistem untuk menjalankan PHR online. Akhir April ini mulai melakukan pemasangan POS di seluruh hotel maupun restoran, terutama di wilayah Kintamani. “POS adalah sistem yang digunakan oleh berbagai macam usaha untuk melakukan pencatatan transaksi,” jelas Wayan Gunawan, Rabu (21/4). Penerapan sistem ini untuk mengurangi kemungkinan adanya kecurangan. “Keuntungan dari PHR online yaitu meningkatnya kualitas pengawasan terhadap PHR di Bangli,” ungkapnya.

Dengan meningkatnya pengawasan diharapkan bisa mengurangi kebocoran dan meningkatnya PAD Bangli dari sumber PHR. Anggaran pelaksanaan PHR online saat ini bersumber dari bantuan BPD Cabang Bangli melalui program CSR. Pemda difasilitasi alat perekam di kasir dan aplikasi. Fasilitas pengaplikasian dengan anggaran sekitar Rp 1 miliar. Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta sangat antusias melakukan perubahan sistem tata kelola pemerintahan secara elektronik dengan meningkatkan transparansi dan peningkatan kualitas layanan. Telah menjalin komunikasi yang erat dan solid dengan para pengusaha dan PHRI sehingga semua sepakat melaksanakan PHR online. *esa

Komentar