nusabali

800 Bonsai Siap Memikat Hati Penghobi

Serangkaian Perayaan HUT Kota Gianyar Ke-250

  • www.nusabali.com-800-bonsai-siap-memikat-hati-penghobi

GIANYAR, NusaBali
Persatuan Pencinta Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Gianyar kembali menggelar pameran bonsai berskala nasional.

Pameran digelar di Alun-alun Kota Gianyar, serangkaian perayaan HUT Gianyar ke-250, 19 April 2021. Sekitar 800 bonsai siap memikat hati masyarakat, khususnya para penghobi pohon indah ini.


Penasehat PPBI Gianyar Wayan Arthana, Rabu (20/4), memperkirakan animo peserta pameran membeludak. “Kami siapkan jumlah stand dua kali lebih banyak dari tahun sebelumnya. Kami siapkan 800 stand, pameran sebelumnya sekitar 400 stand,” jelasnya.

Arthana menyebutkan peserta yang menyatakan hadir selain pencinta bonsai dari Bali, juga dari Jawa, Sumatera dan daerah lain. Dari pesan yang masuk ke saya, sudah banyak yang menyatakan ikut pameran dan sekaligus bursa,” jelasnya. Sedangkan bonsai yang dipamerkan mulai dari kelas prospek sampai kelas bintang. “Kami belum tahu berapa yang ikut di masing-masing kelas, namun animo sangat tinggi, mengingat di beberapa daerah pameran serupa hamper tidak ada,” bebernya. Hal ini, menurutnya, selain untuk menjalankan hoby sekaligus untuk refresing.

Untuk penataan meja stand dibuat melingkar mengikuti alur lintas jalan kaki di Alun-alun Gianyar. “Stand dibuat melingkar mengikuti pedestrian, agar tidak merusak rumput lapangan,” jelasnya lagi. Sedangkan untuk biaya pendaftaran mulai dari Rp 150.000 - Rp 450.000, tergantung kelas dan besar bonsai.

Pameran rutin yang sudah digelar sejak tahun 2006 lalu, pada pameran sebelumnya diikuti 470 peserta. Pameran kala itu, melibatkan juri-juri bonsai yang sudah memiliki nama nasional. “Peserta tahun lalu diikuti kelas prospek 225 bonsai, kelas regional 178, Madya 38, utama 20 dan kelas bintang 15 bonsai,” jelas Arthana. Peserta ini pula sebagian akan mengikuti pameran. Arthana juga meyakini penggemar bonsai cukup banyak, mengingat banyak warga berdia di rumah dengan menekuni bonsai, disamping itu, di jalan raya banyak dijual bahan atau bakalan bonsai. *nvi

Komentar