nusabali

Dir Intelkam Ajak Tokoh Agama Tangkal Radikalisme

  • www.nusabali.com-dir-intelkam-ajak-tokoh-agama-tangkal-radikalisme

DENPASAR, NusaBali
Direktur Intelkam Polda Bali, Kombespol Zainal Abidin melaksanakan silahturahmi dengan tokoh muslim di Denpasar pada Selasa (20/4) di Hotel Grand Santhi, Denpasar.

Pertemuan tersebut untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif dan penuh toleransi dalam perayaan Bulan Suci Ramadan dan Idul Fitri 1442 H di tengah Pandemi COVID-19.

Kegiatan tersebut dihadiri Senator DPD RI, H Bambang Santoso, Ketua MUI Provinsi Bali yang diwakili oleh Ketua Komisi Pariwisata, H Ekky Resa, Ketua FKUB Provinsi Bali yang diwakili oleh Wakil Ketua I Gusti Made Ngurah, Ketua PW Nahdlatul Ulama Bali, diwakili oleh Wakil Sekretaris KH Isfandi, Ketua PW Muhammadiyah Bali, Aminullah, Ketua GP Ansor Bali, H Yunus Naim, Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Bali, Muhammad Syobri dan tokoh-tokoh lainnya.

Direktur Intelkam Polda Bali, Kombespol Zainal Abidin dalam sambutannya mengatakan Bali merupakan pulau yang memiliki toleransi tinggi dan harus terus dijaga. Berkaitan dengan pelaksanaan ibadah agar tetap memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penyebaran COVID-19.

Polri berharap agar seluruh masyarakat khususnya tokoh agama dapat membantu kepolisian dalam menjaga dan mengantisipasi adanya radikalisme dan terorisme di Bali.

Pesan toleransi disampaikan oleh Wakil Ketua FKUB Bali, I Gusti Made Ngurah. “Bahwa kita sebagai masyarakat pengguna internet/netizen harus pintar memilah berita atau info yang ada di media sosial, khususnya terkait isu SARA,” jelasnya.

Tugas FKUB adalah menjaga kerukunan Umat beragama dimana dalam forum ini tergabung dari seluruh majelis agama yang ada di Indonesia. Selain itu tugas FKUB juga mengantisipasi hal-hal yang dapat mencederai toleransi antar umat beragama, dan melakukan koordinasi dengan Majelis-Majelis Agama

Pada akhir kegiatan Perwakilan BANSER dan KOKAM se-Bali mengucapkan Deklarasi bersama berupa “Mengecam segala bentuk tindakan Intoleransi dan siap menjaga kerukunan umat beragama di wilayah Bali” dan “Siap bersinergi dengan Polri dalam menjaga kamtibmas yang aman dan nyaman serta penerapan protokol kesehatan COVID-19, terutama saat Bulan Suci Ramadhan dan perayaan Idul Fitri 1442 H. *rez

Komentar