nusabali

Diwarnai Protes ELS, Liverpool Buang Peluang ke Empat Besar

  • www.nusabali.com-diwarnai-protes-els-liverpool-buang-peluang-ke-empat-besar

LEEDS, NusaBali
Liverpool membuang peluang meraih tiga poin dan peluang kembali keempat besar Premier League. Sebab, The Reds hanya meraih satu poin, usai diimbangi Leeds United 1-1.

Dalam laga pekan ke-32, di Stadion Elland Road, Selasa (20/4) dinihari Wita.  Laga tersebut diwarnai aksi protes anti European Super League atau Liga Super Eropa (ELS).

Liverpool, termasuk salah satu dari 12 tim pendiri ELS, tampil mendominasi dan memimpin laga sejak menit ke-31 lewat gol Sadio Mane. Gol itu yang pertama bagi Mane dalam 10 laga terakhir bersama Liverpool, salah satu paceklik terpanjangnya sejak hijrah ke Anfield.

Namun Leeds mengambil alih kendali permainan babak kedua dan memaksa kiper Liverpool Alisson Becker berjibaku mementahkan bola Patrick Bamford, Tyler Roberts, dan pemain lainnya. Dominasi Leeds membuahkan hasil pada menit ke-87 saat bek Liverpool gagal mengantisipasi situasi sepak pojok dan Diego Llorente menanduk bola yang membuat imbang 1-1, hingga akhir laga.

Gelandang Liverpool James Milner menyayangkan hasil imbang yang diraih timnya. Dia menilai rekan-rekannya tidak menunjukkan performa yang bagus. Milner menyebut kondisi fisik para pemain Liverpool menurun drastis di babak kedua. Menurutnya, mereka kelelahan setelah bertanding lawan Real Madrid.

Hasil itu membuat Liverpool tertahan di urutan keenam dengan 53 poin, tertinggal dua poin dari posisi empat besar, West Ham United (55). Sedangkan Leeds tak beranjak dari peringkat ke-10 klasemen dengan 46 poin.

Selanjutnya, Liverpool akan menjamu Newcastle United di Anfield pada Sabtu (24/4), sedangkan Leeds tampil di Elland Road menghadapi Manchester United, Minggu (25/4).

Laga Leeds vs Liverpool diwarnai berbagai aksi protes anti Liga Super Eropa. Sebuah pesawat membawa spanduk bertuliskan #SayNoToSuperLeague” terbang di atas Elland Road beberapa jam sebelum laga dimulai. Lalu gabungan suporter Liverpool dan Leeds yang melancarkan aksi protes menyambut kedatangan bus berisikan para pemain dan staf Liverpool.

Di tribun Elland Road, Leeds memasang sebuah spanduk anti-Liga Super bertuliskan "UEFA CHAMPIONS LEAGUE: EARN IT. FOOTBALL IS FOR THE FANS". Tulisan yang sama juga bersemat pada kaus yang dipakai para pemain Leeds saat menjalani pemanasan.

Lantas sekitar 15 menit laga berjalan, di luar Elland Road terdengar suara trombone yang memainkan lagu "Money, Money, Money" milik ABBA. *ant

Komentar