nusabali

Diskes Badung Akan Lakukan Pendampingan Pemasangan GeNose

  • www.nusabali.com-diskes-badung-akan-lakukan-pendampingan-pemasangan-genose

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Badung, akan memberikan pendampingan pemasangan alat GeNose C19 di sejumlah objek wisata di Badung.

Rencana sebagai pilot project, alat ini akan dipasang di Pura Uluwatu, Pantai Pandawa, Pantai Labuan Sait, Pura Taman Ayun, Sangeh, dan Air Terjun Nungnung.

“Kami sudah diinstruksikan oleh Bapak Sekda, untuk mendampingi ketika nanti pemasangan alatnya,” ujar Kadiskes Badung dr Nyoman Gunarta, Selasa (20/4).

Menurut dr Gunarta, terkait regulasi penggunaan alat GeNose C19, belum sempat dilakukan pembahasan kembali. Sebab, pengadaan alat GeNose C19 tidak langsung dilakukan dari Pemkab Badung, melainkan masih dilakukan oleh pihak ketiga. “Sekarang baru proses pengadaan dan belum terpasang,” kata dr Gunarta.

Menurut Gunarta, penggunaan alat GeNose C19 tidak jauh beda dengan swab antigen. Mantan Dirut RSD Mangusada Badung itu mengatakan untuk alat GeNose C19 sensitivitasnya untuk mendeteksi Covid-19 sudah di atas 95 persen, sehingga kalau pengunjung positif saat pemeriksaan, kemungkinan besar akan positif Covid-19.

“Karena itu kami wajib tahu kemana nanti akan dibawa jika ada pengunjung yang positif. Tunggu pembahasannya ya, nanti saya infokan,” kata dokter asal Desa Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal itu.

Sesuai prosedur yang masih dilakukan hingga saat ini, setelah seseorang menjalani swab antigen kemudian dilanjutkan dengan swab PCR. Jika hasilnya positif Covid-19, akan langsung di karantina. “Sampai saat ini kan Badung masih memberlakukan hotel untuk tempat karantina. Saya rasa itu nanti bisa diperpanjang untuk digunakan,” jelas dr Gunarta.

Kendati demikian, aturan baru untuk karantina sekarang bisa dilakukan secara mandiri. Namun, semua itu bergantung pada kelayakan desa sebagai tempat karantina. “Kalau penduduknya padat tetap tidak bisa dilakukan, namun mungkin akan dilakukan pembahasan kembali oleh Bapak Sekda. Coba tunggu dulu setelah alat itu datang,” ucapnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, ada enam objek wisata di Kabupaten Badung akan menjadi pilot project untuk dipasangi alat GeNose C19 atau alat pendeteksi Covid-19 buatan dalam negeri. Keenam obyek wisata yang akan menjadi pilot project antara Pura Uluwatu, Pantai Pandawa, Pantai Labuan Sait, Pura Taman Ayun, Sangeh dan Air Terjun Nungnung.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pariwisata Kabupaten Badung Cokorda Raka Darmawan, mengatakan tujuannya tidak lain untuk mendeteksi dini kondisi kesehatan dari wisatawan yang akan berkunjung ke objek wisata di Badung. “Alat ini merupakan deteksi dini yang tergolong cepat dan mudah digunakan serta biayanya juga murah, sehingga baik sekali untuk memonitor,” jelasnya. *ind

Komentar