nusabali

Bupati Giri Prasta Pantau Vaksinasi Drive Thru di Kuta

Pemkab Badung Menargetkan 2.000 Orang dalam 4 Hari

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-pantau-vaksinasi-drive-thru-di-kuta

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Badung, kolaborasi dengan pihak swasta menyukseskan program vaksinasi dan memperluas zona hijau.

Salah satunya bekerjasama dengan Halodoc dan Waterbom Kuta, melaksanakan vaksinasi drive thru bagi pekerja pariwisata. Vaksinasi drive thru dipusatkan di parkiran Waterbom Kuta, Selasa (20/4).

Pelaksanaan vaksinasi ini dipantau secara langsung oleh Bupati Badung Nyoman Giri Prasta berserta Ny Seniasih Giri Prasta, Wakil Bupati I Ketut Suiasa, Sekda I Wayan Adi Arnawa serta dihadiri oleh Anggota DPRD I Gusti Anom Gumanti, Kadiskes dr Nyoman Gunarta, dan Camat Kuta Nyoman Rudiarta. Pada kesempatan tersebut TP PKK Kabupaten Badung, juga membagikan masker bagi para peserta vaksinasi.

Bupati Giri Prasta menyatakan, Pemkab Badung memfokuskan program vaksinasi drive thru ini di kawasan Kuta, mengingat sirkulasi kendaraannya yang padat. Dia berharap warga masyarakat Badung, dipersilahkan mampir di tempat pelaksanaan vaksinasi drive thru, karena Pemkab Badung berserta pihak terkait sudah menyiapkan fasilitas yang sangat baik. Nantinya, pelaksanaan vaksinasi drive thru akan dilaksanakan selama 4 hari dan ditargetkan sebanyak 2.000 orang akan menerima vaksin Covid-19.

“Adapun keuntungan vaksinasi drive thru ini, satu mobil bisa melakukan vaksin 4 orang dan satu motor bisa 2 orang. Ini bentuk wujud pelayanan kami, Pemerintah Kabupaten Badung, untuk memperluas green zone (zona hijau) di wilayah Kabupaten Badung. Untuk wilayah Kuta Selatan dan Kuta digenjot pelaksanaan vaksinasinya karena wilayah ini merupakan pintu masuk tamu domestik dan mancanegara melalui transportasi udara,” kata Bupati Giri Prasta.

Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang itu menargetkan minggu depan vaksinasi kepada masyarakat Kuta harus sudah tuntas, sehingga bisa menjadi zona hijau. Selain di kawasan Waterbom, pada Rabu (21/4) hari ini, Pemkab Badung juga akan melaksanakan program serupa di Mall Bali Galeria, dengan menggandeng pihak TNI dan Polri.

Dikatakan, mengingat pariwisata Kuta sudah mendunia, Bupati Giri Prasta terus mendorong pelaksanaan vaksinasi baik secara reguler dan drive thru, sebagai bentuk kesiapan Pemkab Badung, menyambut pembukaan pariwisata. “Saya juga berterima kasih kepada masyarakat Badung atas partisipasinya dalam menyukseskan program ini, ketika diberikan jadwal untuk hadir melaksanakan vaksinasi, dilakukan secara tuntas dan baik. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada relawan vaksin yang digerakkan Diskes, terima kasih kepada warga masyarakat atas kesadarannya,” kata Bupati Giri Prasta.

Dalam waktu dekat, Bupati Giri Prasta juga akan turun ke lapangan memasang GeNose C19 di beberapa destinasi wisata, terutama yang ada di wilayah Kuta, dengan memperhatikan kapasitas ketersediaan alat GeNose C19 yang ada di Kabupaten Badung. “Alat GeNose C19 lebih simpel dalam pengoperasiannya dan cepat perolehan hasilnya,” terangnya.

Sementara itu Vice President Government Relations & Corporate Affairs Halodoc Adeline Hindarto, mengatakan mengelola layanan drive thru sudah dilakukan sejak tahun lalu. Bermula pada layanan tes Covid-19 drive thru yang telah dihadirkan di 32 lokasi di 20 kota. “Kami merasa terhormat dapat membantu Pemerintah Kabupaten Badung, dalam menghadirkan pos pelayanan vaksinasi Covid-19 drive thru untuk memberikan akses vaksinasi yang aman dan praktis dengan target prioritas yaitu pelaku pariwisata, sehingga dapat menjadi awal pemulihan ekonomi melalui program wisata aman di Bali,” kata Adeline.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Waterbom Bali Sayan Gulino, mengatakan sangat terbuka dalam mendukung arahan pemerintah terkait pelaksanaan program vaksinasi massal. “Sebagai salah satu pelaku di sektor pariwisata, tentunya merupakan sebuah kesempatan emas bagi kami untuk dapat berkontribusi kembali membangkitkan sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19. Kami telah mendedikasikan lahan yang dapat membantu warga Bali, mendapatkan akses vaksinasi yang diharapkan mampu memberikan harapan baru bagi sektor pariwisata di Pulau Dewata,” tandasnya. *ind

Komentar