nusabali

Temui Bupati Tamba, Maksimalkan Pendidikan Politik

Bawaslu Bali Road Show ke Kabupaten/Kota

  • www.nusabali.com-temui-bupati-tamba-maksimalkan-pendidikan-politik

Bawaslu Bali juga minta Bupati Jembrana Nengah Tamba memfasilitasi gedung kantor untuk Bawaslu Jembrana.

NEGARA, NusaBali

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bali melakukan road show ke kabupaten dan kota. Setelah bertemu Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, Senin (19/4), jajaran Bawaslu Bali menemui Bupati Jembrana I Nengah Tamba di Kantor Bupati Jembrana, Selasa (20/4) siang. Dalam pertemuan tersebut Bawaslu Bali dan Bupati Tamba sepakat akan memaksimalkan pendidikan politik untuk masyarakat Jembrana. Selain itu Bupati Tamba siap memfasilitasi Bawaslu Kabupaten Jembrana untuk sekretariat Bawaslu setempat.

Bupati Nengah Tamba kemarin didampingi Wakil Bupati Gede Ngurah Patriana Krisna alias Ipat. Sementara rombongan Bawaslu Bali hadir anggota Bawaslu Bali divisi hukum, data, dan hubungan lembaga I Ketut Rudia, anggota Bawaslu Bali divisi penyelesaian sengketa I Ketut Sunadra, Ketua Bawaslu Kabupaten Jembrana Pande Ady Mulyawan, anggota Bawaslu Jembrana I Made Wartini dan I Nyoman Westra.

Dalam rilis Bawaslu Bali yang diterima NusaBali, Selasa kemarin, Bupati Tamba merespons permintaan Bawaslu Bali berkaitan dengan fasilitasi gedung kantor Bawaslu Jembrana.

“Selaku pemerintah daerah, sudah menjadi kewajiban daerah untuk memfasilitasi sarana prasarana Bawaslu Jembrana termasuk soal gedung kantor. Silakan intip-intip di mana kira-kira ada aset pemda. Setelah dapat, silakan ajukan. Sepanjang sesuai dengan ketentuan, pasti akan kami fasilitasi,” jawab Bupati Tamba.

Tamba yang didampingi Gede Ngurah Patriana beserta Plt Sekda Jembrana I Nengah Ledang dalam kesempatan tersebut juga mengapresiasi kerja-kerja Bawaslu Jembrana selama melaksanakan pengawasan Pilkada Jembrana 2020. “Saya bersama Ipat mengapresiasi kerja Bawaslu Jembrana selama pengawasan Pilkada Jembrana. Dalam wilayah kompetisi, riak-riak kecil pasti ada. Saya sudah biasa menghadapi hal-hal seperti itu. Karena semua pingin menang, pasti berupaya melakukan upaya-upaya yang maksimal. Tapi itu sekarang sudah selesai. Saya bersama Ipat sekarang fokus membangun Jembrana, termasuk juga menganggap semua dinamika dalam pilkada yang lalu sudah selesai. Saya pasti akan merangkul semua kalau mereka mau. Itu keinginan saya,” ucap mantan Ketua Komisi III DPRD Bali dari Partai Demokrat ini.

Anggota Bawaslu Bali I Ketut Rudia menyampaikan ucapan selamat kepada Tamba-Ipat telah dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Jembrana. Mantan Ketua Bawaslu Bali ini juga mengatakan, saat ini Bawaslu tidak mengawasi tahapan. Namun pendidikan politik bagi masyarakat terus dilakukan oleh Bawaslu Bali dan jajarannya. “Kami juga ingin membangun sinergitas dengan Pemkab Jembrana agar bisa bersama-sama memberikan pendidikan politik kepada masyarakat Jembrana. Jika ada program-program yang sesuai dengan tupoksi kami, tentu sangat berharap kami dilibatkan,” harap Rudia.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Tamba juga menerima laporan akhir pengawasan Pilkada Jembrana dari Ketua Bawaslu Jembrana Pande Ady Mulyawan. Pande Ady yang juga mantan komisioner KPU Jembrana ini menyampaikan laporan akhir penggunaan dana hibah Pilkada Jembrana 2020.

“Kepada Bapak Bupati dan Pak Wakil kami sampaikan, anggaran kami dalam pengawasan Pilkada Jembrana sangat minim. Namun demikian, kami berhasil melalukan efisiensi. Berdasarkan perhitungan terakhir, kami berhasil melakukan efesiensi anggaran sebesar Rp 700 juta lebih. Dan itu per 31 Maret lalu sudah kami kembalikan ke kas daerah,” beber Pande Ady.

Merespons semua yang disampaikan Bawaslu Bali dan Bawaslu Jembrana, Bupati Tamba mengaku siap bekerjasama dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. “Kepada Bawaslu Jembrana Pak Pande, kami berterima kasih karena berhasil melakukan penghematan anggaran tanpa mengurangi substansi dari maksud dan tujuan pilkada,” ucap Bupati Tamba. *nat

Komentar