nusabali

PTM di Zona Hijau dan Zona Kuning

  • www.nusabali.com-ptm-di-zona-hijau-dan-zona-kuning

SMAN 1 Amlapura masuk zona merah, belum menggelar PTM.

AMLAPURA, NusaBali

Bupati Karangasem I Gede Dana berikan pembekalan kepada para Kasek SMA se-Karangasem di Aula Sabha Widya Praja Kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora), Jalan Veteran Amlapura, Selasa (20/4). Pembekalan ini untuk menyiapkan pembelajaran tatap muka PTM) yang dimulai Senin (26/4) mendatang. PTM hanya diberlakukan di zona hijau dan zona kuning.

Saat berikan pembekalan kepada para Kasek SMA, Bupati I Gede Dana didampingi Ketua Harian GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan) Covid-19 Karangasem yang juga Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta bersama Kadisdikpora Karangasem I Gusti Ngurah Kartika. Para kasek diwajibkan membentuk Satgas Covid-19 di sekolah untuk mengontrol jalannya PTM secara ketat. Tujuannya agar keluarga sekolah tetap intensif menjalankan protokol kesehatan.

Status setiap desa dan kelurahan di Karangasem berbeda-beda, mulai dari zona merah, zona oranye, zona kuning, dan zona hijau. “Sementara yang dibuka untuk melakukan PTM hanya di zona kuning dan zona hijau. Sebanyak 30 desa dan kelurahan zona kuning dan 42 desa/kelurahan zona hijau,” ungkap Bupati I Gede Dana. Sekda Ketut Sedana Merta meminta agar kedatangan siswa dan guru ke sekolah mesti steril. Begitu masuk pintu gerbang dicek suhu tubuh, cuci tangan, dan pakai masker.

Sekda Ketut Sedana Merta mengingatkan para kasek mengatur parkir agar tidak terjadi interaksi antarsiswa. “Sekolah yang melaksanakan PTM hanya di wilayah zona kuning dan zona hijau. Tiap shift yang belajar hanya 50 persen dari jumlah siswa,” tegas Ketut Sedana Merta. Sebelum melakukan PTM, diingatkan agar ruang belajar disterilkan dengan disemprot disinfektan. Jarak bangku belajar diatur agar siswa bisa jaga jarak. Pembelajaran hanya 90 menit atau tiga jam pelajaran, tidak ada jam istirahat. Begitu shift pertama selesai, ruangan disemprot disinfektan, dilanjutkan shift kedua. Selama kegiatan PTM dikontrol Satgas Covid-19 yang ada di sekolah.

Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMKN Karangasem yang juga Kasek SMKN Amlapura I Wayan Artana yang lokasi sekolahnya di Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem merupakan zona oranye merelakan untuk sementara tidak menggelar PTM. “Kami masih tetap menggelar pembelajaran daring karena lokasi sekolah masuk zona oranye,” kata Wayan Artana. Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana juga mengatakan sekolahnya masuk zona merah, belum memungkinkan menggelar PTM.

Sementara Kasek SMAN Rendang Putu Sudibawa walau di zona hijau memberlakukan pembelajaran tiga hari tatap muka dan tiga kali daring. “Nomor absen genap PTM Senin sampai Rabu, nomor absen ganjil PTM Kamis sampai Sabtu, yang giliran tidak ke sekolah, belajar daring,” jelas Putu Sudibawa. *k16

Komentar